Bersepeda Jarak Jauh Sambil Berekreasi (Gran Fondo) di OKU Selatan Sukses

oleh -194 Dilihat
Ketua TP PKK OKUS jadi peserta penggembira

BANDING AGUNG OKUS-Pembukaan Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) yang perdana sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi serta berlangsung meriah. Acara tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru didampingi Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan di Dermaga Banding Agung OKU Selatan, Sabtu (9/11/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut utusan Menteri Pariwisata RI yang diwakili Assisten Deputi Bidang Pariwisata Hengki Manurung, Kadin Pariwisata Sumsel Aufa S Sarkomi, Danrem 044/Gapo Kolonel Arh. Sonny Septiono, Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, Kapolres OKUS AKBP Deny Agung Andriana, SIK, MH.

Bupati OKUS disalami peserta Gran Fondo

Jajaran Pejabat Provinsi, Lembaga Dewan Provinsi Sumatera Selatan, Ketua DPRD Heri Martadinata, SE, dan Anggota DPRD OKU Selatan, Kepala OPD Pemkab OKUS, Manajemen Bank SumselBabel, Ketua TP PKK Sumsel, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK OKU Selatan dan undangan lainnya.

Sejarah Gran Fondo berasal dari bahasa Itali yang artinya kegiatan bersepeda dengan jarak tempuh yang cukup jauh dan sambil berekreasi. Wajar kali ini jarak tempuhnya mencapai 115 kilometer start dari Banding Agung tujuan Muaradua kemudian pulang kembali ke Banding Agung Ranau dengan peserta sebanyak 250 orang.

Peserta yang mengikuti Sriwijaya Ranau Gran Fondo adalah kumpulan para penghoby bersepeda tua muda tumpah ruah di kawasan wisata Danau Ranau, mereka ada yang datang luar negeri diantaranya Singapura dan Malaysia.

Kadis Pariwisata Sumsel jadi peserta SRGF

Sebenarnya ada peserta dari negara lain yang berkeinginan mengkuti Sriwijaya Ranau Gran Fondo yakni Italia, Francis, Amerika, Brunai Darussalam dan Thailand. Akan tetapi izin visa bagi mereka sudah terbatas waktunya dan tidak bisa diperpanjng, sehingga mereka pulang ke negaranya masing masing.

Sebelum mengangkat bendera start tanda di mulainya kegiatan tersebut, H. Herman Deru mengatakan rasa bangganya atas suksesnya pembukaan Sriwijaya Ranau Gran Fondo tersebut, hal ini tentu berkat kerja keras panitia, Kepolisian, partisipasi masayarakat OKU Selatan yang selalu bekerjasama bersama pemerintah daerahnya.

Baca Juga :   Kapolres Pagaralam AKBP Arif Harsono Berpesan Ini di Apel Terakhirnya

Suksesnya acara ini mengalahkan Tour De Singkarak yang pesertanya lebih kurang hanya 50 peserta, sedangkan event Sriwijaya Ranau Gran Fondo ini pesertanya sudah mncapai 250 peserta, jelasnya.

Para pemenang Sriwijaya Ranau Gran Fondo

Untuk menepati janjinya, karena suksesnya kegiatan tersebut, maka Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru akan menjadikan Event tersebut menjadi kalender wajib dan agenda tahunan Provinsi Sumatera Selatan. Gubernur  Sumsel menjanjkan Sriwijaya Ranau Gran Fondo yang akan datang kita buat lebih meriah dan hadiah yang lebih banyak.

Ditempat yang sama Bupati OKU Selatan Popo Ali MB Commerce mengatakan bahwa atas kepercayaan yang telah diberikan Pemerintah Provinsi Sumtera Selatan dan Pemerintah Pusat yaitu Kementerian Pariwisata kepada jajaran Pemkab OKU Selatan dan masyarakat OKU Selatan.

Dengan suksesnya acara ini, mudah-mudahan akan mendongkrak ekenomi dan kepariwisataan OKU selatan. Bupati OKU Selatan mengucapkan terima kasih kepada masayarakat OKU Selatan yang telah mendukung penuh kegiatan tersebut, semoga acara seperti ini mendatang lebih meriah, pungkasnya (yudi).