Berbagai Manfaat Makan Petai, Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung

oleh -51 views
Petai dari Ulu Ogan Kabupaten OKU

SAMUDRA.NEWS-Petai yang juga dikenal sebagai Parkia Speciosa ini bisa diolah jadi berbagai macam menu masakan. Nah, olahan Petai yang paling sering ditemui adalah di Goreng, di Bakar, di Rebus bahkan di Acar.

Kadang-kadang Petai juga bisa jadi pelengkap Nasi Goreng, Kentang Goreng Balado, atau dijadikan Lalapan.

Banyak yang suka makan Petai, banyak juga yang tidak suka. Kebanyakan orang tidak suka makan Petai karena baunya yang menyengat.

Ternyata, meski baunya menyengat, Petai bisa memberikan berbagai manfaat kesehatan. Salah satunya adalah menjaga Kesehatan Jantung.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung punya peran penting dalam tubuh kita. Sebab, organ ini bertugas memompa darah ke seluruh tubuh untuk menunjang kelangsungan hidup.

Nah, ternyata Petai bisa membantu menjaga kesehatan Jantung. Sebab, Petai mengandung Serat, Antioksida, dan Kalium. Kalium dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Sedangkan Serat dan Antioksidannya, bisa membantu mencegah pembentukan plak di pembuluh darah jantung.

  1. Mengatasi Sembelit

Sama seperti sayuran atau buah-buahan pada umumnya, Petai juga kaya akan Serat. Serat pada Petai ini bisa membantu mengatasi masalah Sembelit atau Sulit Buang Air Besar. Selain itu, Petai juga bisa meredakan nyeri karena mulas.

  1. Melawan Radikal Bebas

Bersumber dari Alodoker.com, Radikal Bebas adalah sebutan untuk sel-sel rusak yang dapat menyebabkan kondisi negatif tertentu. Nah, Petai bisa membantu kita melawan radikal bebas.

Sebab Petai mengandung Flavonoid yang merupakan antioksidan. Antioksidan inilah yang akan membantu melawan Radikal Bebas.

Radikal Bebas banyak ditemukan pada berbagai kondisi penyakit seperti Diabetes dan Kanker.

  1. Membantu Atasi Anemia

Petai mengandung zat besi yang dapat mendorong pembentukan hemoglobin dalam darah. Sehingga petai bisa membantu mengatasi anemia.

  1. Melawan Bakteri
Baca Juga :   Spesialis Curi Motor di Parkiran Masjid, Dihadiahi Timah Panas Karena Melawan

Bersumber dari Hellosehat.com, ekstrak biji petai ternyata mampu menekan pertumbuhan bakteri-bakteri jahat.

Ekstrak biji Petai mengandung Hexathionine dan Trithiolane yang memiliki kemampuan antibakteri (int).