Baznas OKU Periode 2020-2025 Resmi Dinahkodai Darman Syafei

oleh -224 Dilihat
Ketua Baznas OKU periode 2020-2025, Darman Syafei

BATURAJA,Samudra.News-Pelantikan Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten OKU Periode 2020-2025. Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Kamis (7/1/2021).

Hadir pula pada acara ini Forkopimda OKU, para Asisten, Kepala OPD, Camat, Kabag, Ketua MUI, Ketua NU dan Muhamaddiyah, Perbankan dan undangan lainnya.

Pembacaan naskah pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan serta penandatanganan berita acara pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan oleh Bupati OKU disaksikan Kakanmenag OKU dan Kepala Bagian Kesra Setda OKU.

Susunan pimpinan Baznas Kabupaten OKU periode tahun 2020-2025 Ketua Darman Syafei, SE, MSi. Wakil Ketua I H. Abdul  Karim, S.PdI, Wakil Ketua II Drs. H. Khaeri MSi, M.PdI, dan Wakil Ketua III H. M. Ghufron, SKM.

Bupati OKU membacakan pelantikan Baznas

Ketua Baznas Kabupaten OKU periode 2020-2025 Darman Syafei, SE, MSi mengucapkan terima kasih kepada Bupati OKU yang telah melantik dan mengukuhkan  kepengurusan Baznas periode  2020-2025.

Dengan telah dilantiknya kepengurusan, Baznas OKU akan  melaksanakan program dan tugas untuk kemajuan Baznas sebagai mitra pemerintah daerah untuk mendukung Visi dan Misi Kabupaten OKU.

Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa keberadaan Baznas merupakan wadah dalam menghimpun Zakat, Infaq dan Shadaqah Umat Islam.

Sambutan Bupati OKU diacara pelantikan Baznas

Disisi lain Baznas adalah Lembaga Non Struktural sebagai mitra Pemerintah Daerah yang menghimpun pemberian Zakat, Infaq, dan Shadaqah dari masyarakat guna mendukung pemberdayaan sosial serta peningkatan kesejahteraan rakyat untuk fakir miskin.

Dikatakan Bupati, Baznas juga berkewajiban menginformasikan penerimaan dan pendistribusian Zakat, Infaq, dan Shadaqah secara Transparan dan Akuntabel.

Baznas Kabupaten OKU sudah banyak memberikan kontribusi bagi pembangunan di Kabupaten OKU.

Dengan peran aktif Baznas untuk bersinergi dengan semua elemen organisasi keislaman dan organisasi sosial lainnya dapat mengoptimalkan upaya pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan.

Baca Juga :   Cegah Penyebaran Covid-19, Personel Polres OKU Himbau Dengan Papan Bicara
Penandatangannan Berita Acara Pelantikan

Bupati mengatakan, pemerintah daerah belum maksimal dalam memfasilitasi semua program yang berorientasi bagi pembinaan umat, oleh karena itu sebagai bagian dan stakholder bidang pemberdayaan umat Baznas Kabupaten OKU dan organisasi umat islam lainnya dapat membantu pemerintah dalam melayani publik dalam berbagai kepentingan sosial keagamaan.

Untuk mengoptimalkan fungsi Baznas kabupaten OKU di masa datang, Baznas memperkuat unit  pengumpulan zakat ke seluruh OPD baik otonom maupun instansi vertikal melalui sosialisasi secara aktif. Menjalin kerjasama  pembentukan unit pengumpul zakat pada BUMN, BUMS, dan lembaga pendidikan khususnya Perguruan  Tinggi.

Selain itu Baznas memanfaatkan  momen-momen mensosialisasikan infaq bagi publik. Mempublikasikan keberadaan lembaga Baznas. Mengkaji program penghimpunan dana dari unsur ASN dan program bedah rumah.

Mengakhiri sambutan, Bupati mewakili masyarakat kabupaten OKU mengharapkan kita semua untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat serta  kemaslahatan umat yang ada di Kabupaten OKU, pungkasnya (red/yudi).