Arahan Camat Lawang Kidul Andrille Martin di Musrenbang Kecamatan Tahun 2022

oleh -15 views
Suasana pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Lawang Kidul

TANJUNG ENIM,Samudra.News-PJ Bupati Muara Enim yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Afrizal, SE, MM membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Lawang Kidul (Laki) Tahun 2022. Bertempat di Aula Kantor Camat Lawang Kidul-Tanjung Enim, Rabu (12/1/2022).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri diantaranya Kadisdukcapil Muara Enim, Kadis PPPA, Kadis Kominfo, Kabid Bapedda, Ketua TP-PKK Lawang Kidul Ny. Santi Yosiana Andrille Martin, Kapolsek Laki, Danramil Tanjung Enim, Unsur BUMD/BUMN, Perwakilan Desa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Camat Lawang Kidul Andrille Martin,SE mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena pelaksanaan musrenbang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Rapat digelar menggunakan standar protokol kesehatan, dan membatasi tamu yang hadir.

Ketua TP-PKK Kecamatan Lawang Kidul, Ny Santi Yosiana

Diharapkan dari ini semua tidak mengurangi esensi dari musrenbang itu sendiri. Andri Martin menambahkan khususnya Kepada Kepala desa, UPT se Kecamatan Lawang Kidul yang hadir pada hari ini, kita tidak boleh pesimis, dan harus optimis, bahwa ketika di tahun 2022 apa yang kita rencanakan ini belum dapat dimunculkan karena kemampuan anggaran dan waktu, tetapi kita tetap harus berusaha dari sisi-sisi yang lain.

Semoga semua usulan-usulan yang ada dapat terealisasi karena usulan tersebut merupakan hasil  dari aspirasi yang menjadi prioritas utama dalam pembangunan  dari tiga Kelurahan dan empat Desa yang ada di Kecamatan Lawang Kidul, ujarnya.

Andrille Martin melanjutkan, bahwa Musrenbang Keluraha/Desa telah selesai dilaksanakan. Musrenbang kali ini berfokus pada perencanaan dan pembangunan yang ada di Kecamatan Lawang Kidul.

Camat Lawang Kidul juga menyampaikan fungsi dari dilaksanakannya kegiatan musrenbang Kecamatan yakni yang pertama untuk penajaman, kemudian penyelarasan kebijakan yang melalui kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Kelurahan/Desa.

Baca Juga :   WARGA BINAAN BATURAJA BERPARTISIPASI DALAM PEMECAHAN REKOR DUNIA DAN MURI
Camat Lawang Kidul Andrille Martin, SE

Hal ini tentunya akan kita integrasikan dengan beberapa hal diantaranya adalah untuk merujuk kepada usulan RKPDes yang sangat prioritas. Prioritas disini berarti hal tersebut sangat penting akan tetapi belum bisa direalisasikan karena kemampuan dana yang belum ada.

Dalam musrenbang ini tentunya membahas dan menyepakati kegiatan yang ada di wilayah  Kecamatan Lawang Kidul dalam cakupan pembangunan Kelurahan/Desa untuk mendorong supaya pembangunan yang sifatnya dari bawah ke atas dapat diselaraskan dengan pembangunan yang ada di Kabupaten Muara Enim.

Dan tentunya tetap merujuk/mengarah kepada RPJMD Kabupaten Muara Enim yang biasa disebut juga Bumi Serasan Sekundang. Untuk mewujudkan hal ini tentunya diperlukannya sinkronisasi antara Pemerintah Desa, Kecamatan, dan Kabupaten, kata Camat yang ramah ini.

Kepala Dinas dan pejabat yang menerima cindramata Batik Kujur

Musrenbang tahun ini mengangkat tema “Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pemerataan Untuk Muara Enim yang Sejahtera” dengan perioritas :

  1. Peningkatan ketahanan ekonomi melalui peningkatan produktifitas Pertanian UMKM dan Industri kreatif dengan prioritas.
  2. Percepatan penurunan angka kemiskinan dengan prioritas,
  3. Peningkatan kualitas pelayanan dan pemantapan infrastruktur dasar dengan prioritas,
  4. Peningkatan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik,
  5. Peningkatan kualitas Lingkungan Hidup dan Ketahanan Bencana.

Usai acara Musrenbang, Camat Lawang Kidul Andrille Martin,SE didampingi Ketua TP-PKK Kecamatan Lawang Kidul Ny. Santi Yosiana menyerahkan cindramata “Batik Kujur khas Tanjung Enim” kepada Kepala Dinas yang menghadiri acara tersebut. Rapat ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Musrenbang dengan para peserta rapat, pungkasnya (her/yd).