Aktif Kelola Sampah, Pemkab OKU Raih AMPL Award Sriwijaya 2019

oleh -329 Dilihat
Gubernur dan Bupati OKU poto bersama

PALEMBANG-Pemkab OKU dinobatkan sebagai peringkat pertama nominator AMPL Award Sriwijaya Tahun 2019. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru kepada Bupati OKU H. Kuryana Azis di Hotel Santika Premiere Bandara Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Rabu (24/04).

Dalam penjelasan Kuryana Azis, sukses ini diraih setelah melalui tahapan penilaian empat aspek, yakni : Akses Air Minum, Pengelolaaan Persampahan, Pengurangan Kawasan Kumuh dan Pengelolaan Air Limbah. Penilaian dilakukan melalui tiga tahapan.

Pertama melalui penilaian kelengkapan dokumen perencanaan dan pengisian formulir terkait gambaran umum, realisasi, kebijakan program/kegiatan, pendanaan, inovasi, regulasi, monitoring dan evaluasi serta advokasi dan promosi, ujarnya.

Gubernur menyerahkan piala AMPL

Kedua melalui presentasi program/kegiatan terkait bidang AMPL di OKU bersama Tim AMS (Air Minum dan Sanitasi) Kabupaten OKU yakni Bappellitbangda, Dinas Perkim, Dinas Kesehatan, PDAM dan DLH Pemkab OKU. Ketiga melalui tinjau lapangan ke lokasi yang menjadi objek kriteria penilaian tersebut.

AMPL Award merupakan sebuah penghargaan di bidang air minum dan sanitasi yang digelar oleh Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan. Pemkab OKU yang dua kali berturut-turut menerima Piala Adipura ini memang pengelolaan sampahnya sudah tertata dengan baik dan rapi. Bahkan Pemkab sudah dilengkapi Bank Sampah yang dikelola dengan baik.

Para Bupati penerima penghargaan AMPL

Pengelolaan persampahan ini menjadi salah satu indikator yang mendorong Pemkab OKU dinobatkan sebagai peringkat pertama nominator AMPL Award Sriwijaya Tahun 2019. Bupati Kuryana pun menyampaikan apresiasinya terkait penerimaan penghargaan ini. Ia mengatakan, pengelolaan sampah itu salah satunya ditunjukkan dengan hadirnya Bank-bank sampah di  Kota Baturaja OKU.

Acara tersebut juga dihadiri Pangdam II / Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Kapolda Sumsel, Irjen Zulkarnin Adinegara, Dirut PDAM OKU Abi Kusno dan Kepala Bappelitbangda OKU H. Gunawan Somad beserta Tim Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan.

Baca Juga :   Pemkab OKU Terima CPNS Sebanyak 225 Orang dan Ini Formasinya

Semoga di tahun yang akan datang Kabupaten OKU dapat mempertahan prestasi yang telah diraih bahkan dapat meraih penghargaan di tingkat nasional. Tegas Bupati OKU H Kuryana Azis. (yudi)