Air Bah Hancurkan Jembatan Gantung di Desa Ketua KPK & Ketua DPRD OKU

oleh -0 views
Firli Bahuri (Sekarang Ketua KPK) saat pulang kampung

OKU,Samudra.News-Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH bersama Kapolres OKU AKBP. Danu Agus Purnomo, SIK dan Ketua DPRD OKU Ir. H Marjito Bachri meninjau Lokasi Banjir di Kecamatan Muara Jaya, Pengandonan dan Semidang Aji Kabupaten  OKU. Senin (18/10/2021).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri Asisten I Drs. Slamet Riyadi, MSi, Kadin Pertanian Ir. Joni Saihu, MSi, Kadin Kominfo Priyatno Darmadi, SSos, MSi, Mewakili Dandim 0403/OKU, Dirop BPR Baturaja Ir. Fitriyadi Suhendar, Perwakilan Bank SumselBabel Feri, Muspika Muara Jaya dan Pengandonan, Muspika Semidang Aji, serta Undangan Lainnya.

Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH bersama Forkopimda OKU, setelah mengikuti Rapat Paripurna DPRD OKU langsung meninjau lokasi bencana banjir di 3 Kecamatan untuk memberikan bantuan serta memastikan penanganan berjalan dengan baik.

Peninjauan lokasi banjir berlangsung dari siang hari hingga larut malam, dimulai dari Desa Lontar (Desanya Ketua KPK Firli Bahuri) Kecamatan Muara Jaya yang menyebabkan 16 rumah terdampak banjir dan putusnya jembatan gantung penghubung Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya dan Desa Tangsi Lontar Kecamatan Pengandonan.

Jembatan gantung yang rusak diterjang air bah di Desa Lontar

Pada kesempatan ini Plh. Bupati OKU bersama Kapolres dan Ketua DPRD OKU memberikan bantuan sembako kepada korban banjir serta mendorong percepatan penyelesaian jembatan beton permanen yang dibangun Pemprov Sumsel disebelah jembatan gantung yang rusak.

Selanjutnya Plh. Bupati OKU beserta Forkopimda OKU meninjau lokasi banjir di Desa Lubuk Tupak dan Muara Saeh, rumah terdampak banjir di Desa Muara Saeh sebanyak 40 rumah (sudah kering) dan 100 rumah di Desa Lubuk Tupak (sudah kering) serra jembatan gantung putus di Desa Lubuk Tupak, pada kesempatan ini Plh. Bupati OKU beserta Forkopimda OKU menyerahkan bantuan sembako 140 paket dan jembatan gantung akan diperbaiki melalui Dinas PU PR Kabupaten OKU dibantu masyarakat Desa setempat.

Baca Juga :   Sholehien Abuasir Ambil Sendiri SK B1. KWK di DPP Golkar Jakarta
Plh. Bupati saat menjawab wawancara awak media

Kemudian Plh. Bupati OKU beserta rombongan meninjau Jembatan Kisiran di Desa Gunung Meraksa Kecamatan Pengandonan yang menghubungkan Kecamatan Pengandonan dan Kecamatan Ulu Ogan, jembatan beton, oprit jembatan amblas, tidak dapat dilewati kendaraan roda empat dan roda dua, jembatan ini dibangun oleh Pemprov Sumsel, solusinya diusulkan kepada Gubernur Sumsel untuk membangun baru jembatan tersebut.

Setelah itu rombongan menuju Desa Tubohan Kecamatan Semidang Aji untuk meninjau jembatan gantung putus yang merupakan akses menuju persawahan masyarakat, solusinya akan dibangun lebih awal melalui APBD Kabupaten OKU Tahun 2022.

Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH memerintahkan kepada OPD terkait untuk segera melakukan langkah strategis dengan melakukan perbaikan terhadap fasilitas umum yang rusak akibat banjir seperti jembatan gantung yang ada di Desa Lontar Kecamatan Muara Jaya yang terputus merupakan akses utama masyarakat dua Desa dari dan menuju Desa Lontar dan Desa Tangsi Lontar.

Plh. Bupati memberikan beras secara simbolis kepada warga Desa Lontar

Berdasarkan data yang dilaporkan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten OKU tercatat  sementara 140 rumah terendam banjir dan sejumlah jembatan gantung terputus serta fasilitas umum yang terkena dampak oleh banjir bandang di Kecamatan Muara Jaya yakni 3 desa, yaitu desa Lubuk Tupak, Muara Saeh dan Lontar.

Pemerintah juga nantinya akan berkordinasi kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk pembangunan jembatan yang terputus agar dapat diselesaikan secepat mungkin karena melihat jembatan ini adalah akses jalan masyarakat dan para petani yang ada di Kecamatan Muara Jaya dan untuk sementara ini masyarakat Kecamatan Muara Jaya dihimbau agar selalu berhati-hati karena melihat cuaca yang telah memasuki musim penghujan ini agar kiranya selalu memantau keadaan luapan sungai di sekitar Desa.

Acara dilanjutkan dengan memberikan bantuan dari Bank Sumsel Babel dan Bank BPR Baturaja dan uang Rp 5.000.000,- (Lima juta rupiah) berupa 140 Paket Sembako oleh Plh. Bupati OKU dan Kapolres OKU beserta  Ketua DPRD OKU Kepada korban yang terdampak bencana banjir yang ada di Kecamatan Muara Jaya (yudi).