Aiptu Pol Aguscik, Lahan Tidur Diganti Jadi Kampung Tangkal Covid-19 & Sukses

oleh
Kapolsubsektor Lekis Aiptu Pol Aguscik

BATURAJA,Samudra.News-Kampung Tangkal Covid-19 yang digagas Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM beberapa waktu yang lalu, merambah juga ke Kabupaten OKU. Kampung Tangkal Covid-19 ini, di bawah binaan Polres OKU.

Namun siapa sangka ide brilian putra asli Palembang yang sekarang ini menjadi Kapolda Sumsel, menjadi salah satu model percontohan dari Polda Indonesia untuk menggairahkan perekonomian warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Melalui pembuatan Kampung Tangkal Covid-19 yang digerakan para Kapolres hasilnya benar-benar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat terdampak. Contohnya Kampung Tangkal Covid-19 yang dibawah binaan Kapolsubsektor Lekis Polsek Lubuk Batang, Aiptu Aguscik.

Aguscik mengatakan, dulunya kawasan ini dikenal daerah rawan tindak kejahatan dan kriminalitas berupa perampokan, pencurian, begal kata orang disini Kampung berkumpulnya segala kejahatan 3C.

Namun kondisi sekarang berbalik 180 derajat atau berbanding terbalik, kini dusun Lekis terdapat Kapolsubsektor yang dipimpin Aiptu Aguscik yang istrikan sekarang menjabat Anggota Dewan dari Partai Gerindra OKU Selatan merasa bersyukur dan bangga sebagai Personel Kepolisian RI.

Dahulu masyarakat menyebut dusun Lekis sebagai tempat pembuagan anak Jin, bergeser menjadi sarang tempat pelanggaran Kamtibmas (3C+Narkoba-Red) kini kampung tersebut berubah menjadi Kampung yang dapat menggerakan perekonomian yang halal berkat binaan Aiptu Pol. Aguscik.

Kapolsubsektor Lekis Aiptu Aguscik degan Kapolres OKU

Seiring dengan dibuatnya Kampung Tangkal Covid-19 yang digagas Kapolda Sumsel dan atas arahan Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH. Yang mana daerah Lekis dahulunya menjadi Zona Merah dibidang Kamtibmas terutama 3C dan Narkoba.

Aguscik berpikir bagaimana caranya lahan tandus agar menjadi produktif, akhirnya kini berubah menjadi lahan pertanian yang subur dan dapat menambah roda perekonomian masyarakat setempat.

Baca Juga :   OKU Kirim 78 Santri Mengikuti Pospeda Ke VIII Tingkat Provinsi Sumsel

Awalmya Aiptu Aguscik pun memberanikan diri untuk menghubungi pemilik tanah agar bisa memanfatkan tanah yang terbengkalai dan tandus tersebut dioleh menjadi lahan produktif berupa tanaman misalnya Ubi Kayu, Jagung, Kolam Ternak Ikan dan lainnya.

Aiptu Aguscik mencoba menanam Singkong Racun untuk permulaan lebih kuranh sekitar 3 hektar. Kemudian Aguscik memanggil masyarakat sekitar serta merangkul para mantan narapidana untuk memanfaatkan lahan tandus tersebut dan sekarang berhasil.

Itupun berkat adanya Kampung Tangkal Covid-19 yang digagas Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM kemudian mendapat arahan langsung Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga, SIK, MH dan Kapolsek Lubuk Batang Iptu. Hariyanto, pungkasnya (yudi).