Warga Apresiasi Pembangunan Bronjong Sungai Lematang Bantuan Pertamina

oleh -527 views
Bronjong sedang dibangun di Desa Tanjung Muning

MUARA ENIM, Samudra.News-Sungai Lematang di Desa Tanjung Muning Kecamatan Gunung Megang Kabupaten Muara Enim semakin hari semakin mengancam tanah yang berada dibantaran sungai terbesar di Kabupaten Muara Enim.

Oleh karenannya perusahaan plat merah yakni Pertamina tergerak untuk membangun bronjong sepanjang 330 meter dengan ketinggian 4 meter menggunakan Batu Gunung bentuk tangga dan dikerjakan oleh dua perusahaan lokal yakni PT. JAP sepanjang 180 meter dan PT. Jaya Ladi sepanjang 150 meter.

Sebagaimana yang dijelaskan Humas Pertamina EP Field Limau Afrianto mengatakan, pembangunan bronjong di Desa Tanjung Muning ini dikerjakan oleh perusahaan lokal, sekarang ini pekerjaan sudah berjalan sekitar satu (1) bulan, Selasa (21/4/2020).

Tujuan pembangunan bronjong itu sesuai hasil musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) masyarakat untuk mencegah terjadinya tanah longsor, pengikisan abrasi sungai Lematang dan mencegah banjir, ujarnya.

Sementara itu tokoh masyarakat Tanjung Muning Venus mengatakan mengapresiasi kepedulian PT. Pertamina yang peduli dengan masyarakat. Kami berharap pembangunan dapat bermanfaat bagi Pertamina dan masyarakat sekitar terutama yang memilik kebun karet di dekat lokasi kegiatan Sumur Minyak Belimbing 35 wilayah Desa Tanjung Muning, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim.

M Nasir, Kepala Keamanan pembangunan bronjong

Selama pekerjaan diharapkan juga masyarakat dapat bekerjasama untuk membantu mengamankan lokasi agar kegiatan dapat berjalan lancar dan tidak ada gangguan. PT. Pertamina dapat memberikan perhatian dan bantuan bagi kebutuhan Desa Tanjung Muning, seperti Masjid, Sekolah dan sarana-sarana desa lainnya.

Namun sangat disayangkan, pembangunan bronjong tersebut tidak kelihatan Papan merek pembangunannya sehingga masyarakat tidak dapat mendapat informasi utuh sebagaimana yang ditetapkan pemerintah harus transparan (nilai biaya pekerjaan tidak diketahui oleh para pekerja dan masyarakat).

Ditambahkan Venus, pembangunan tanggul beronjong kawat dipasang sepanjang lebih kurang 300 meter ini, kami selaku warga Desa Tanjung Muning mengucapkan terima kasih kepada PT. Pertamina atas bantuan bronjong yang diberikan.

Baca Juga :   Pria yang menikah dengan perempuan bertubuh gemuk lebih bahagia

Harapan kami agar di tahun-tahun mendatang di Desa kami dibangun kembali proyek-proyek  pro rakyat berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur jalan menuju ke Desa Tanjung Muning, pungkasnya (herdi).