Wabup OKU Selatan Pimpin Apel Gelar Kesiapsiagaan Personel dan Peralatan Bencana Alam

oleh -50 views
Wabup pimpin apel kesiapsiagaan bencana

MUARADUA OKUS-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab OKU Selatan menggelar Apel Gelar Kesiapan Personil dan Peralatan terhadap Bencana Banjir, Tanah Longsor dan Angin Puting Beliung di KabupatenOKU Selatan. Bertempat di Lapangan Pemkab OKU Selatan, Rabu (8/1/2020).

Dari pantauan media acara tersebut Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir SP, MSi bertindak sebagai Pembina Apel dan dihadiri Kapolres OKU Selatan AKBP Deny Agung Andriana, SIK, MH, Perwakilan Dandim 0403/OKU, Sekda, Para Asisten, Para Staf Ahli, Kepala OPD, Camat dan undangan lainnya.

Wakil Bupati OKU Selatan Sholehien Abuasir, SP, MSi berharap dan menghimbau semua pihak untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam pengendalian bencana alam di Kabupaten OKU Selatan, menyiapkan sumber daya yang ada untuk selalu siap, kompak dan kuat dalam melakukan kegiatan pengendalian bencana.

Salam senergitas TNI, Polri dan Pemkab OKUS

Memasuki musim penghujan seperti saat ini potensi terjadinya bencana alam sangat besar, untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi kita semua dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam.

 

Sebagaimana amanat Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, bahwa penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak, walaupun sebagai penanggung jawab adalah pemerintah. namun demikian masyarakat sebagai garda terdepan jika terjadi bencana, maka perlu ditingkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana.

Wabup tinjau peralatan bencana alam

Wabup OKU Selatan menambahkan bahwa pelaksanaan apel siaga bencana yang dilakukan oleh Pemkab, TNI-Polri bersama-sama dengan instansi terkait sebagai wujud nyata sinergitas kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana di tahun 2020.

Bencana alam terjadi secara mendadak dan tidak dapat diprediksi. Karena itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi antar-lintas pemangku kepentingan sehingga penanganan yang cepat bila terjadi bencana dapat dilakukan secara cepat dan bermanfaat, sehingga hal-hal yang lebih buruk tidak terjadi.

Baca Juga :   Sekda OKU H. Achmad Tarmizi Menandatangani MoU Dengan Bank Syariah Mandiri
Foto bersama peserta apel kesiapsiagaan bencana

Sholehien Abuasir mengharapkan upaya pencegahan berupa penyuluhan atau sosialisasi kepada unsur masyarakat, meningkatkan kewaspadaan dan monitoring terhadap wilayah yang rawan terjadinya banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung.

Juga mengaktifkan posko siaga darurat bencana dilokasi terdekat dengan daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor, dilengkapi sarana dan prasarana yang cukup, dan meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait serta para pihak dalam upaya pengendalian bencana  di wilayah kerja masing-masing.

Wabup OKU Selatan meminta seluruh aparat selalu siap siaga dalam menghadapi segala kemungkinan terjadinya bencana alam. Apel diikuti oleh TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas, Gabungan BPBD, Dishub, Damkar, Dinsos, Pramuka dan PMI, pungkasnya (yudi).