Usai Upacara HUT RI, Dandim 0403/OKU Pimpin Ziarah Makam Pahlawan Kemarung

oleh -62 views
Dandim 0403/OKU Jadi Irup Ziarah Makam Pahlawan

BATURAJA OKU-Sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT sekaligus mengenang jasa-jasa para pahlawan bangsa. Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo menjadi Inspektur Upacara Ziarah Makam Pahlawan Kemarung di Sepancar Lawan Kulon Kecamatan Baturaja Timur. Hadir pada acara tersebut Bupati H Kuryana Azis, Wakil Bupati  Johan Anuar, Ketua DPRD Zaplin Ipani, Kapolres AKBP Dra NK Widayana Sulandari, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sekda OKU Dr H Achmad Tarmizi, Staf Ahli, Para Asisten, Kadin, Kaban, Camat dan undangan lainnya, Jum’at (17/08).

Untuk peserta upacara diikuti TNI beserta anggota, Polri beserta anggota, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK, Persit KCK Kodim 0403/OKU, ASN di lingkunan Pemkab OKU dan para pelajar SMA sederajat. Ziarah makam pahlawan dalam rangka memperingati  HUT Kemerdekaan RI ke-73. Prosesi upacara yang berlangsung selama lebih kurang 30 menit itu berjalan penuh khidmat. Acara dimulai dengan penghormatan kepada Arwah Pahlawan yang telah gugur dan dilanjutkan peletakan karangan bunga oleh Dandim 0403/OKU, kemudian diikuti tabur bunga oleh Bupati OKU, unsur Forkopimda dan pejabat lainnya.

Dandim 0403/OKU Tabur Bunga

Dijelaskan Dandim 0403/OKU, kegiatan tabur bunga ini merupakan bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur dalam membela tanah air, hingga Indonesia mencapai kemerdekaannya. Kegiatan ziarah dan tabur bunga ke makam pahlawan ini bertujuan untuk mendoakan sekaligus mengenang jasa-jasa pejuang kemerdekaan yang rela berkorban harta maupun nyawa untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Kegiatan tabur bunga ini jangan hanya sebagai acara seremonial saja, tetapi juga harus mampu membangkitkan semangat nasionalisme dalam diri kita. Selain itu agar momentum Ziarah dan Tabur Bunga ini dapat memotivasi dan memberi inspirasi bagi semua pihak untuk bekerja lebih keras, cerdas, ikhlas, berkualitas dan tuntas. Pasalnya, itu dilakukan demi mewujudkan cita-cita para pahlawan yang gugur. Bagaimana kita mengisi kemerdekaan ini dengan baik, yang telah diberikan oleh para pahlawan yang gugur.

Baca Juga :   Upacara HUT RI ke-73 di Gelar di Taman Kota Baturaja Berlangsung Hikmat
Bupati OKU dan Dandim 0403/OKU

Perlu diketahui, kegiatan ziarah makam pahlawan ini dilakukan setiap tahun oleh jajaran TNI, Polri, Pemkab OKU dan organisasi nasional lainnya. Sebagai bentuk penghormatan anak bangsa terhadap pahlawan yang telah berjasa dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang melawan penjajah, mari kita tundukkan kepala dan seraya berdoa, ucap Dandim 0403/OKU.

Perjuangan para pahlawan khususnya  di Kabupaten OKU dalam mencapai kemerdekaan tidaklah mudah melainkan membutuhkan pengorbanan  harta dan nyawa. Karenanya mari kita isi kemerdekaan ini dengan pembangunan generasi yang kuat, cinta Negara dan Bangsa serta menjaga keutuhan NKRI.

Poto bersama Bupati dan Muspida OKU

Sebelum upacara ditutup, dilanjutkan dengan membacakan doa yang dipimpin oleh Kemenag OKU untuk bermunajat kepada Allah SWT yang intinya agar para pahlawan diberikan ampunan segala dosa dan kesalahan. Tempatkanlah mereka disisimu ya Allah, muliakanlah kedatangan mereka sebagai syuhada yang telah gugur dalam membela bangsa dan agama. Engkau Maha penjaga dan pemelihara, persatukan negara kami tercinta ini menjadi negara Baldatun Toyibatun Warobbun Ghofur, negara yang aman, damai, makmur dibawah keampunan-Mu. Amin, demikian doa yang di bacakan dalam kekhusyukan doa di ziarah makam pahlawan. (yudi)