Upacara Hari Pahlawan di OKU Berlangsung Khidmat, Diakhiri Pemberian Piagam Penghargaan

oleh -173 Dilihat
Bupati jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan

BATURAJA OKU-Upacara peringatan Hari Pahlawan 10 November yang digelar Pemkab OKU di Halaman Pemkab OKU berlangsung penuh khidmat. Di kesempatan tersebut, Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs. H. Kuryana Azis menjadi inspektur upacara peringatan ke-74, Minggu (10/11/2019).

Acara tersebut dihadiri juga Wabup OKU Drs. Johan Anuar, SH, MM, Ketua DPRD H. Marjito Bachri, ST, Kapolres OKU AKBP Tito Hutauruk, SIK, MH, Dandim 0403/OKU Letkol Arm Agung Widodo, SSos, Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH, Kepala OPD, Kabag, Camat, Lurah, dan undangan lainnya.

Selain itu, Kuryana Azis juga membacakan sambutan Menteri Sosial RI. Dalam sambutan tersebut, Kuryana mengingatkan pentingnya generasi kini mengingat jasa para pahlawan.

Wabup dan Muspida OKU di Hari Pahlawan

Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa pada kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan di dalam hati sanubari kita, ujarnya. Apa kata Proklamator Bung Karno yang menyebut jika bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

Untuk itu, dia ingin peringatan Hari Pahlawan ini membangkitkan rasa cinta pada para pahlawan. Peringatan Hari Pahlawan ini kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.

Pemberian penghargaan kpd keluarga korban

Bagaimana tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 adalah “Aku Pahlawan Masa Kini”, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun yang memperkuat keutuhan NKRI, tuturnya.

 

Kemudian pengucapan naskah UUD 1945 oleh peserta upacara. Pembacaan kesan-kesan dan kata mutiara pahlawan dibacakan oleh peserta upacara. Peristiwa heroik di Surabaya 1945 banyak korban berjatuhan, maka dari itu sudah selayaknya kita memperingati hari pahlawan tersebut.

Baca Juga :   Mantan Danrindam II/Sriwijaya Jenderal TNI Agus Subiyanto Resmi Menjabat Kasad

Dilanjutkan Bupati OKU, dengan peringatan hari pahlawan diharapkan kita akan lebih menghargai jasa dan  pengorbanan para pahlawan bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini.

Besama penerima penghargaan keluarga KPPS

Pahlawan sekarang diharapkan dapat menorehkan prestasi di berbagai kehidupan. Mari kita maknai hari pahlawan ini dengan wujud nyata, bekerja dan bekerja membangun negeri menuju Indonesia maju.

Peringatan hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktifitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan. Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan masa kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dapat diatasi.

Pada kesempatan itu Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis memberikan piagam penghargaan kepada petugas KPPS yang meninggal dunia pada pelaksanaan Pilpres dan Pileg beberapa waktu yang lalu. Fahrul Andi, Ramza Nopendi dan Haryadi, pungkasnya (yudi).