UNSRI Terima 4.345 Orang Peserta Yang Lulus Hasil SNBT Dari 21.666 Orang Pendaftar

oleh -754 Dilihat
Rektor Unsri, Prof. Dr. Taufiq Marwa, SE, M. Si didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Rujito Agus Suwigny, M. Agar, dan koordinator humas SNPMB Unsri, Prof. Zulkifli Dahlan, saat menggelar Konferensi pers penerimaan mahasiswa baru 2024 yang diadakan di ruang Prof. Djuaini Mukti gedung UPT Bahasa Kampus Unsri Bukit Besar palembang, Kamis (13/06/2024).

PALEMBANG,Samudra.News-Universitas Sriwijaya (Unsri) resmi umumkan hasil Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) penerimaan mahasiswa baru pada sore pukul 15.00 WIB. Dari 21.666 peserta yang terdaftar, diterima sekitar 4.345 peserta.

Hal ini disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Taufiq Marwa, SE, M. Si selaku Rektor Unsri didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Rujito Agus Suwigny, M. Agar, dan koordinator humas SNPMB Unsri, Prof. Zulkifli Dahlan, saat menggelar Konferensi pers penerimaan mahasiswa baru 2024 yang diadakan di ruang Prof. Djuaini Mukti gedung UPT Bahasa Kampus Unsri Bukit Besar palembang, Kamis (13/06/2024).

Rekto Unsri, Prof. Dr. Taufiq Marwa, SE, M. Si mengatakan, setelah melalui proses yang cukup panjang, kegiatan penerimaan mahasiswa baru Unsri tahun 2024 hari ini diumumkan nasional, ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru, Pertama, Penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi. Kedua, Jalur berbasis test. Ketiga, Jalur mandiri.

“Untuk jalur prestasi itu sudah kita umumkan dan sudah dilakukan pendaftaran ulang, dimana di jalur ini sebanyak 1728 orang yang dinyatakan lolos. Yang telah mendaftar ulang dan sudah mendapatkan nomor induk mahasiswa sebanyak 1680 orang, dengan kuotanya sebanyak 20 persen dari daya tampung,” ungkap Prof. Taufiq.

Untuk Jalur penerimaan mahasiswa baru berbasis test sudah dilaksanakan pada bulan Mei lalu, dengan kuota 50 persen dari daya tampung yaitu sebanyak 4.426 orang, sebelumnya hanya 4.345 ditambah dengan yang tidak mendaftar ulang pada jalur berbasis prestasi.

“Untuk hasil pengumuman sudah bisa dilihat hari ini mulai pukul 15.00 WIB di halaman website SNBT : https://snbt.unsri.ac.id//.,” ujarnya.

Ia menjelaskan, setelah dinyatakan lulus calon mahasiswa ini harus melakukan registrasi ulang secara online yang akan disiapkan pada malam nanti, dan paling lambat besok sudah bisa mulai pendaftaran ulang yakni mengisi data yang terkait dengan data mahasiswa tersebut.

Baca Juga :   DLH OKU Bersihkan Tumpukan Sampah Liar Dengan Alat Berat

“Selanjutnya mereka akan melakukan pembayaran kuliahnya dan melakukan tes kesehatan yang sudah dijadwalkan. Setelah itu mereka menerima nomor induk mahasiswa sementara,” terangnya.

Pertanggal 13 Juni 2024, Unsri secara resmi membuka Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri dari tanggal 13 sampai 21 Juni 2024 untuk pendaftaran jenjang S1. Ada perbedaan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, dimana selama ini Unsri mengandeng pihak Perguruan Tinggi Swasta (PTS) didalam penerimaan mahasiswa baru, di tahun ini Unsri benar-benar mandiri karena tidak melibatkan PTS dalam penerimaan mahasiswa baru,

“Kita akan melakukan tes mulai tanggal 23 sampai 26 Juni 2024 dengan alokasi peserta sekitar 8.000 orang, untuk pengumuman kelulusan jalur mandiri yakni pada tanggal 8 Juli 2024 itu untuk jenjang S1. Sedangkan untuk jenjang D3 pendaftarannya mulai tanggal 13 Juni sampai 07 Juli 2024, ujiannya 09 sampai 11 Juli 2024.  Untuk pengumumannya pada tanggal 13 Juli 2024,” pungkasnya.(ocha)