Tiga Kali Raih WTP, Bupati OKU Diganjar Penghargaan Dari Menteri Keuangan RI

oleh -31 views
Bupati menerima piagam WTP

BATURAJA-Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menerima piagam penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia atas keberhasilannya menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017 dengan capaian opini wajar tanpa pengecualian (WTP). Piagam tersebut, diserahkan oleh  Kepala KPPN Baturaja, Gustani mewakili Menkeu RI Sri Mulyani Indrawati kepada Bupati OKU H. Kuryana Azis didampingi Asisten III Suharmasto, Kepala Inspektorat Ari Susanto, Kepala BPKAD OKU Hanafi, Kabag Humas Riduan, bertempat di Rumah Dinas Bupati OKU, Selasa (23/10).

Bupati OKU H Kuryana Azis menyatakan, Pemkab OKU mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Pemerintah Republik Indonesia. Atas diterimanya penghargaan keberhasilan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017 dengan capaian Opini WTP yang ke tiga kalinya secara berturut-turut. Penghargaan yang diterima Pemkab OKU dari Menkeu RI Sri Mulyani Indrawati, atas dasar keseriusan dan ketaatan dalam menyusun menyajikan laporan sesuai dengan standar akutansi Pemkab OKU yang mendapat penilaian opini wajar tanpa pengecualian dari BPK RI.

Bupati terima penghargaan dari Menkeu RI

Dari penilain Opini WTP yang diberikan BPK RI, maka Menkeu RI memberikan apresiasi dan piagam penghargaan kepada Pemkab OKU atas keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017. Kuryana Azis  menambahkan, piagam penghargaan yang diterima Pemkab OKU, atas komitmen Pemkab OKU dalam pengelolaan keuangan daerah. Dimana setiap laporan tahunan dilakukan audit oleh BPK dan secara reguler setiap tahunnya.

Dimulai dari audit umum hingga audit rincian, ini bentuk dari pada penyajian laporan keuangan secara akuntabel. Mulai dari metode, kepastian keuangan, serta penyajian dalam bentuk laporan keuangan. Berdasarkan audit tersebut, BPK RI menilai bahwa laporan keuangan tahun 2017 yang disajikan Pemkab OKU sudah memenuhi kriteria standar akuntasi pemerintah daerah. Oleh karena memenui standar, maka BPK memberikan penilaian dengan opini WTP, katanya.

Bupati menerima kunjungan KPPN Baturaja

Dilanjutkan Bupati Kuryana Azis, piagam penghargaan yang diperoleh Pemkab OKU ini, berkat kerjasama yang baik dan support DPRD dan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) OKU. Tentunya prestasi ini kedepan harus dipertahankan dalam hal pengelolaan dan penata usahaan keuangan dengan baik kedepannya. Mudah mudah tahun 2019 mendatang, Pemkab OKU bisa menyusun menyajikan laporan keuangan tahun 2018 sesuai dengan standar akutansi pemerintah daerah, jelasnya.

Baca Juga :   GANN Sumsel Gelar Dialog Kebangsaan di Hari Sumpah Pemuda

Bupati menghimbau agar masing-masing OPD OKU kedepannya harus tertib administrasi, rapi dan disiplin dalam penyajian laporan keuangan. Terutama dalam sisi waktu penyampaikan laporan keuangan agar lebih cepat. Jangan ditunda-tunda, setiap penggunaan keuangan daerah dapat dilaporkan dan dipertanggung-jawabkan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

Bupati mengantar Kepala KPPN Baturaja

Dia menambahkan, penghargaan yang diterima ini, sebagai bentuk apresiasi Pemerintah RI kepada daerah yang laporan keuangannya mendapat Opini WTP tahun 2017 dari BPK RI pada tahun ini. Kedepan prestasi ini dapat dipertahankan dan lebih baik lagi terutama dalam
penyajian laporan keuangan untuk tahun berikutnya.

Menanggapi apresiasi penghargaan tersebut, Asisten III Pemkab OKU Bidang Administrasi Umum, H Suharmasto menyebutkan, penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat ke daerah yang berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2017 dengan capaian Opini WTP. Tentunya kedepan, Pemkab OKU harus membangun komitmen itu dan ditingkatkan ditahun mendatang. Kita harapkan kedepan seluruh rekomendasi BPK harus dibenahi, agar ditahun mendatang apa yang menjadi catatan, tidak lagi menjadi catatan dari BPK RI ditahun berikutnya, Pungkasnya. (yudi)