Tagihan Air Melonjak, Periksa Saluran Pipa di Rumah Mungkin Ada Yang Bocor

oleh -83 Dilihat
Kabag Humas dan Hukum PDAM Lematang Enim Jhon Iskandar, SH

MUARA ENIM,Samudra.News-Tagihan rekening PDAM kerap membengkak, padalah pemakaian air untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga relatif normal, bisa dikatakan pemakaian dengan tagihan tidak sesuai. Hal ini tentunya menjadi keluhan bagi para pelanggan.

Direktur PDAM Lematang Enim Kabupaten Muara Enim Sartono, SH melalui Kabag Humas dan Humum PDAM Lematang Enim Jhon Iskandar, SH dibincangi awak media Samudra.News mengatakan, hal itu bisa saja terjadi akibat adanya kebocoran pipa yang tidak terpantau atau teridentifikasi oleh pelanggan.

“Bisa saja itu karena adanya kebocoran pada isntalasi pipa air dirumah pelanggan sehingga menambah beban tagihan,” ujarnya.

Untuk itu pria yang akrab disapa Jhon ini membagikan sedikit tips kepada para pelanggan agar bisa mengidentifikasi kebocoran yang terjadi dirumah sehingga menyebabkan tagihan membengkak.

Pertama lanjut Jhon, matikan semua keran yang ada dirumah seperti keran Mesin Cuci, keran Bak Kamar Mandi, keran Tadmon, keran Wastafel dan lainnya.

“Sebelumnya catat terlebih dahulu angka pemakaian terakhir pada meteran, catat secara lengkap,” katanya.

Selanjutnya biarkan seluruh keran tertutup selama kurang lebih 1 jam, selama itu hindari aktifitas penggunaan air langsung dari keran. Setelah kurang lebih 1 jam, lihat meteran air dan catat kembali angka pada meteran.

Jika angka yang tertetera lebih besar dapat diidentifikasi bahwa sambungan instalasi pipa air dirumah pelanggan mengalami kebocoran, kata pria yang ramah ini pada siapa saja.

Dikatakan Jhon, perbaikan kebocoran instalasi sambungan air yang terjadi dirumah pelanggan menjadi tanggung jawab pelanggan, jadi kalau kebocoran diinstalasi rumah yakni dari meteran ke instalasi rumah itu tanggung jawab pelanggan.

Akan tetapi jika kebocoran teridentifikasi sebelum meteran maka menjadi tanggung jawab pihak PDAM Lematang Enim, intinya tanggung jawab PDAM dalam perbaikan pipa bocor  hanya sampai dibatas meteran saja, jelasnya.

Baca Juga :   Sekda OKU Dr. H. Achmad Tarmizi Hadiri Peringatan Hari Ibu Ke-91 Tahun 2019

Jika ada pelanggan yang terindikasi pada ciri-cir di atas lanjut Jhon, meminta agar pelanggan melaporkan ke layanan PDAM Lematang Enim 0734-421093 atau WA 08127842016. Segera laporkan agar dapat ditindaklanjuti dengan cepat oleh petugas PDAM Lematang Enim, pungkasnya (yudi).