STADION JAKABARING Akhirnya Ditetapkan Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2021

oleh -164 Dilihat
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang

PALEMBANG,Samudra.News-Sempat tersisih dari venue penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Kini stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan akhirnya ditetapkan sebagai salah satu venue oleh PSSI, Sabtu (27/6/2020).

Sebelumnya, stadion yang berada di dalam kompleks olahraga terpadu Jakabaring Sport City (JSC) Palembang ini, tidak termasuk dalam daftar enam (6) venue yang ditunjuk Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Stadion Jakabaring masuk dalam daftar tuan rumah bersama Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, sebagai pengganti Stadion Mandala Krida Yogyakarta dan Stadion Pakansari Bogor. Sebelumnya, dua stadion ini hanya sebagai opsi cadangan.

Sekretaris PT JSC Palembang, Mirza mengatakan, kami menyambut baik ditetapkannya Stadion Jakabaring menjadi venue penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Ini adalah momen langka, ujarnya.

Menurut Mirza, kesempatan ini harus dimanfaatkan dalam berbagai aspek. Mirza menilai, sisi lain JSC ditunjuk sebagai penyelenggara, selain memacu kemajuan olahraga, juga berdampak kepada Pariwisata, dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat.

Stadion Jakabaring sering dijadikan tuan rumah event-event olahraga lokal, regional sampai Internasional. Terakhir kita tuan rumah Asian Games 2018. Kita akan memberikan service yang memenuhi standar FIFA, baik akomodasi, konsumsi serta venue pertandingan, jelasnya.

Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang

Sementara itu, Ketua Asprov PSSI Sumsel, Ucok Hidayat mengatakan, bahwa beberapa bulan lalu pihaknya sudah memperjuangkan supaya stadion Jakabaring masuk sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Saya minta semuanya dapat mensukseskan event ini, karena event ini merupakan suatu kebanggaan bagi warga Palembang, ujarnya.

Selain itu, dirinya meminta supaya dapat menyiapkan kebutuhan penyelenggara, seperti stadion pendukung untuk latihan para pemain. Karena gelaran Piala Dunia ini direncanakan pada Mei, saya harap sisa waktu yang sebentar ini dapat dimaksimalkan, katanya.

Baca Juga :   Bupati OKU Timur Ikut Gotong Royong dan Main Motocross di Jum'at Berkah

Untuk diketahui, selain Stadion Jakabaring dan Si Jalak Harupat, venue yang ditetapkan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021 adalah : Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Stadion Manahan Solo, Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar Bali.

Khusus Stadion Jakabaring, sudah cukup sering dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara berbagai event Internasional. Salah satunya ialah Piala Asia 2007, Sea Games 2011 dan Asia Games 2018, pungkasnya (win).