SP Online Tertinggi di Sumsel: BPS, OPD Hingga Kades Dapat Penghargaan dari Bupati OKU

oleh -133 Dilihat
Bupati serahkan penghargaan kepada Camat di OKU

BATURAJA,Samudra.News-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis mengpresiasi seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam Sensus Penduduk Online yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik.

Hingga berakhirnya jadwal pada tanggal 29 Mei 2020 capaian penduduk yang sudah mengisi Sensus Penduduk Online mencapai 68,17 persen dari perkiraan jumlah penduduk yang ada di Kabupaten OKU. Dengan angka ini menjadikan Kabupaten OKU menempati peringkat pertama se Sumatera Selatan dalam rangka pelaksanaan Sensus Penduduk Online.

Demikian disampaikan Bupati OKU Drs H Kuryana Azis  pada acara penyerahan piagam penghargaan kepada Kepala BPS OKU, Kadis Dukcapil, Kadis Komimfo, Kadisdik dan Kecamatan dengan Capaian Tertinggi se Kabupaten OKU serta Desa/Kelurahan dengan Capaian Tertinggi tiap Kecamatan dan se Kabupaten OKU, Senin (6/7/2020).

Acara tersebut berlangsung  di halaman kantor Pemkab OKU usai pelaksanaan Apel Gabungan didampingi Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar, SH, MH, Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH dan Kepala BPS OKU Ir Budiriyanto, MAP.

Ditegaskan Kuryana, pada kesempatan ini saya atas nama Pemkab OKU, memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada semua pihak baik dari jajaran Pemkab OKU, Forkompimda, Kepala OPD, BUMN, BUMD, Para Camat, Lurah, Kades, Kadus, Ketua RW dan Ketua RT.

Kepala BPS menerima penghargaan dari Bupati OKU

Juga kepada jajaran Diskominfo, Dukcapil,  Disdik, Kepala Sekolah/Guru PAUD/TK/SD/SLTP/SMA/SMK/SLB/Madrasah/Negeri/Swasta, Rektor/Ketua/Pimpinan Perguruan Tinggi/Akademi, seluruh mahasiswa dan pelajar, para Wartawan Media Cetak/Online, para Duta Sensus Penduduk 2020.

Serta seluruh lapisan masyarakat yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu se Kabupaten OKU yang telah mendukung secara penuh pelaksanaan  Sensus Penduduk Online di Kabupaten OKU mulai tanggal 15 Februari hingga 29 Mei 2020.

Baca Juga :   Ir. H. Marjito Bachri Dikukuhkan Sebagai Ketua E-Sport Indonesia OKU

Menurut Kuryana, tingginya angka persentase ini  juga menunjukkan tingginya kepedulian masyarakat OKU terhadap pelaksanaan Sensus Penduduk Online. Serta adanya rasa tanggungjawab bersama untuk mensukseskan terlaksananya Sensus Penduduk Online ini.

Diingatkan kepada masyarakat yang belum sempat mengisi Sensus Penduduk Online akan dikunjungi oleh petugas Sensus pada bulan September 2020. Diharapkan semua jajaran Pemkab OKU mendukung pelaksanaan kegiataan ini karena kegiatan ini adalah tanggungjawab kita bersama bukan hanya tanggungjawab BPS.

Karena data yang dihasilkan akan digunakan pemerintah sebagai bahan perencanaan khususnya pembangunan di bidang kependudukan.

Sementara itu Kepala BPS OKU Ir. Budiriyanto, MAP  menjelaskan, bahwa SP Online dijadwalkan 15 Februari hingga 31 Maret 2020, namun karena terjadinya wabah Covid-19 dilakukan perpanjangan hingga 29 Mei 2020.

Kepala BPS, Diskominfo, Disdik dan Disdukcapil

Hingga berakhirnya perpanjangan jadwal ini,  sebanyak 68,17 persen dari perkiraan penduduk yang ada di Kabupaten OKU sudah tercatat sebagai penduduk Indonesia. Sementara berdasarkan jumlah penduduk hingga tanggal 29 Mei 2020 penduduk yang tercatat  sebanyak 254.371 penduduk.

Jika dilihat sebaran menurut kecamatan yang ada di Kabupaten OKU, seluruh penduduk yang tercatat di Kecamatan telah mencapai lebih dari 55 persen. Capaian tertinggi ada pada Kecamatan Muara Jaya sebanyak 85,96  persen diikuti Kecamatan Pengandonan sebesar 80,02 persen dan Kecamatan Lubuk Raja sebesar 75,48 persen.

Kemudian secara berurutan diikuti oleh Kecamatan Sosoh Buay Rayap 75,44 persen, Peninjauan 75,08 persen, Lubuk Batang 70,22 persen,  Baturaja Timur 69,30 persen, Kedaton Peninjauan Raya 68,96 persen,   Semidang Aji 64,99 persen, Sinar Peninjauan 62,16, Baturaja Barat sebesar 60,68 persen, Ulu Ogan 55,72 persen dan Lengkiti 55,46 persen.

Secara umum capaian seluruh kecamatan relatif cukup baik karena sudah mencapai lebih dari 55 persen. Sementara jika dilihat menurut Desa/Kelurahan, Desa Markisa Kecamatan Lubuk Batang menempati rangking pertama di Kecamatan Lubuk Batang sekaligus tertinggi di Kabupaten OKU dengan capaian sebesar 99,32 persen.

Baca Juga :   Penjabat Bupati OKU Menjawab Semua Pandangan Umum Anggota DPRD OKU

Dijelaskan Budiriyanto, dengan mengisi Sensus Penduduk Online, maka anda dan keluarga akan masuk dalam data kependudukan pemerintah Republik Indonesia hingga satuan terkecil, pungkasnya (yudi).