Home / Adv / Siswanto Resmi Dilantik Menjadi Ketua PWI Muara Enim

Siswanto Resmi Dilantik Menjadi Ketua PWI Muara Enim

Ketua PWI Muara Enim dan Sumsel

MUARA ENIM-Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Muara Enim masa bhakti 2019-2022 akhirnya resmi dilantik. Siswanto, SE resmi dinobatkan sebagai Ketua PWI Muara Enim. Pelantikan tersebut dilakukan langsung oleh Ketua PWI Provinsi Sumatera Selatan H. Firdaus Komar, SPd. MSi di Balai Agung Serasan Sekundang Muara Enim, dengan tema “Pers Profesional Bermartabat Tangkal HOAX” Jumat (03/05) malam.

Dalam sambutannya, Ketua PWI Provinsi Sumsel menyampaikan agar kegiatan ini menjadi warna baru untuk dapat memberikan sumbangsih positif pada dunia pers. Mudah-mudahan amanah yang diberikan ini dapat memotivasi kami untuk dapat menjalankan tugas-tugas ke depan sebaik mungkin, jelasnya.

Bupati Muara Enim. Ir H Ahmad Yani. MM

Dalam kepengurusan ini, lanjut Firdaus, PWI Muaran Enim merupakan PWI kabupaten yang kedua dilantik setelah ia menjabat Ketua PWI Sumsel. Pihaknya sangat kagum dan bangga karena kepengurusan PWI ini berjalan secara baik dan lancar, bahkan menurut ketua terpilih Siswanto, di Muara Enim keanggotaan PWI yang sudah mendapatkan sertifikasi UKW dari Dewan Pers sudah mencapai 90 %. Dengan mayoritas telah bersertifikat tersebut, nara sumber akan yakin dan percaya kepada Wartawan tersebut.

Salah satu upaya nyata yang kami lakukan dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja kami adalah dengan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan agar kualitas diri rekan-rekan wartawan juga semakin meningkat. Pasalnya, berita yang akan disebarluaskan membutuhkan pertanggungjawaban akan kebenarannya. Oleh karena itu pihaknya juga melakukan deklarasi bersama untuk memerangi berita hoax.

Menurutnya, upaya perangi anti Hoax itu dianggap sebagai gerakan yang positif dalam rangka mengurangi dampak negatif pada masyarakat akibat berita hoax yang telah beredar. Sejatinya wartawan memang tidak diperbolehkan menyebarluaskan berita hoax kepada masyarakat, namun pada kenyataannya hal tersebut sulit dilaksanakan pada masa sekarang, karena sudah ada kepentingan-kepentingan baik bisnis maupun politik yang sangat mempengaruhi media, ujarnya.

Baca Juga :   Sekda OKU H. Achmad Tarmizi Menandatangani MoU Dengan Bank Syariah Mandiri
Bupati dan Muspida Muara Enim

Ditempat yang sama Bupati Muara Enim Ir. H. Ahmad Yani, MM menyampaikan agar PWI Muara Enim masa bhakti 2019-2022 bekerja lebih ekstra karena keberadaannya bersamaan dengan tahun politik yang identik lebih panas suasananya. Alhamdulillah di Kabupaten Muara Enim Pemilu 2019 berjalan aman, lancar dan damai.

Pers adalah pilar demokrasi sehingga berita yang di tulis adalah berita yang sejuk dan terkonfirmasi agar tidak ada berita hoax yang dapat memperkeruh suasana. Yani juga berpesan agar Pers harus dapat meluruskan kabar-kabar hoax dengan secepat mungkin. Pers juga mempunyai peran penting dalam mendorong percepatan pembangunan. Oleh karena itu, lanjut dia, wajar jika pers mengkritik, asalkan kritik yang disampaikan pun harus kritik yang membangun, ujarnya.

Pada kesempatan ini, saya mengucapkan selamat kepada Pengurus PWI Muara Enim masa bhakti 2019-2022 semoga amanah yang telah diberikan mampu dijalankan sebaik mungkin. Anggota PWI sudah ia kenal baik dan memiliki integritas. Komunikasi antara dirinya selaku kepala daerah dengan wartawan sudah terjalin dengan baik. Sehingga tercipta pemberitaan yang seimbang. Selain itu, Bupati berharap agar PWI menjadi wadah organisasi yang membantu pemerintah dalam memberantas berita-berita hoax.

Penyerahan SK Ketua PWI Muara Enim

Kita berharap PWI Muara Enim dapat terus bersenergi dengan baik bersama Pemkab Muara Enim dalam mewujudkan Muara Enim untuk rakyat. MERAKYAT yang Agamais, Berdaya saing, Mandiri, Sehat dan Sejahtera. Melalui pemberitaan-pemberitaan yang berkualitas dan membangun  sebagai kontrol sosial sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Pada pelantikan tersebut dihadiri oleh Bupati H. Ahmad Yani, Wabup H. Juarsah. Sekda, Ketua DPRD Aries HB, Ketua KPU, Kajari, Kasdim 0404/Muara Enim, Kepala Kantor Imigrasi, Asisten, Ketua PWI Sumsel beserta jajarannya, Direktur Operasional Produksi PT.BA, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. Pungkasnya (yudi)

Tentang redaktur pelaksana

Previous Bupati Muara Enim Lantik Pejabat Tinggi, Administrator, Pengawas dan Fungsional
Next BPS OKU Akan Lakukan Pemutakhiran Data Perkembangan Desa

Baca juga

Bupati OKU Raih Penghargaan The Leader Of Technology Program Dari Kompas Gramedia Sumsel Award 2019

PALEMBANG-Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis berhasil meraih penghargaan The Leader Of Technology Program pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *