SETELAH KPU OKU, Kini Giliran 211 Bawaslu & Jajarannya di Rapid Test

oleh -132 Dilihat
Ketua Bawaslu dan Anggota sedang di Rapid Test

BATURAJA,Samudra.News-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) melaksanakan Rapid Test. Pelaksanaan dipusatkan di Sekretarias Bawaslu OKU ini berkerjasama dengan Tim Medis Gugus Tugas Covid OKU, Jum’at (10/7/2020).

Pantauan dilapangan pelaksanaan Rapid Test diawali dengan do’a bersama.  Peserta mengikuti protokol kesehatan menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih yang sudah disiapkan panitia.

Selain itu juga dilakukan pengecekan suhu tubuh. Untuk tempat duduk juga diatur jarak antara kursi satu dengan kursi lainya sesuai dengan ketentuan protokoler kesehatan.  Pelaksaaan Rapid Test benar-benar mengutamakan serta mengedepankan protokol kesehatan. Tidak terjadi penumpukan masa.

Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya, didampingi Kordiv Pengawasan Hubal dan Humas, Yeyen Andrizal, Kordiv HHP, Anggi Yumarta dan Koordinator Sekretariat (Korsek), Bawaslu OKU, Joenidi  mengatakan pelaksanaan Rapid Test ini sengaja dilakukan untuk memastikan kesiapan dan kesehatan penyelenggara pemilu dijajaran Bawaslu OKU.

Diharapkan dengan adanya Rapid Test ini penyelenggara pemilu di Bawaslu memang banar-benar siap turun kelapangan  dengan modal utama kesehatan mereka,  tidak reaktif virus Corona. Ini juga sebagai bentuk pencegahan penyebaran Covid-19, ujarnya.

Pada pelaksanaan Rapid Test kali ini diikuti sebanyak 211 orang. Mulai dari jajaran Bawaslu OKU, Panwaslu Kecapatan sampai PKD se Kabuaten OKU. Alhamdullilah pelaksanaan Rapid Test ini berjalan normal dan lancar tidak ada kendala sedikitpun, katanya.

Untuk hasil Rapid Tess kata Dewantara sampai saat ini belum diketahui. Sepenuhnya terkait Rapid Test diserahkan kepada ahlinya yang memeriksa. Dalam hal ini yakni dari Tim Medis Gugus Tigas Covid-19 OKU.

Kegiatan ini dilakukan selama satu hari. Rapid Test ini juga sebagai syarat sebelum melaksanakan tugas dalam menjalankan tahapan pilkada serentak dalam hal ini Pilkada OKU. Artinya sebelum turun ke lapangan kondisi kesehatan petugas harus baik dulu. Ini modal utama sebelum bekerja melaksanakan tahapan Pilkada, katanya.

Baca Juga :   KETUA FKUB SUMSEL Mengapresiasi Kunjungan Silaturahmi Kapolda Dirumahnya

Bukan hanya Rapid Test ini saja kata Dewantara. Bawaslu OKU memberikan jaminan dalam bekerja untuk jajaranya. Seperti halnya baru-baru ini Bawaslu OKU sudah melakukan kerjasama dengan BPJS Ketenagaketenaga kerjaan.

Jaminan ini diberikan untuk penyelenggara pemilu di jajaran Bawaslu OKU. Hal ini sebagai kewajiban dan kepedulian akan keselamatan dan kesehatan dalam bekerja yang dilakukan oleh jajaran Bawaslu, ujarnya.

Dengan demikian jaminan bekerja adalah modal utama. Utamakan keselamatan terlebih dahulu. Jangan berkumpul jaga jarak dan memakai masker. Ini standar yang paling standar.

Saya tekankan kembali lakukan dan terapkan protokol kesehatan dalam melaksanakan tugas yang sudah diatur oleh undang dan aturan berlaku, pungkasnya (rn/yudi).