Semua SMA di Sumsel Akan Laksanakan Kurikulum Merdeka Pada 2024

oleh -68 Dilihat
Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMA Disdik Sumsel, Dr. Parmin, S.Pd, MM

PALEMBANG,Samudra.News-Kepala Seksi Kurikulum Bidang SMA Disdik Sumsel, Dr. Parmin, S.Pd, MM mengatakan, pada tahun 2024 seluruh SMA di Sumsel diharapkan menerapkan Kurikulum Merdeka.

Pasalnya, jika tidak ikut menerapkan Kurikulum Merdeka maka sekolah tersebut akan ketinggalan, kata Kasi Kurikulum Bidang SMA Disdik Sumsel diruang kerjanya, Selasa (7/6/2022).

Dr. Parmin mengatakan, Kurikulum Merdeka sebagai opsi Satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun 2022 sampai 2024. Pada prinsipnya seluruh  SMA-SMA di Sumatera Selatan sebanyak 615 SMA siap melaksanakan Kurikulum Merdeka.

Saat ini sudah 29 SMA yang sudah menerapkan Kurikulum Merdeka. Dilanjutkan Parmin,  untuk menerapkan Kurikulum Merdeka butuh kecerdasan Kepala Sekolah dan Guru.  Pasalnya,  dibutuhkan banyak persiapan  pendalaman bahan pembelajaran, karena pembelajaran berbasis proyek, katanya.

Kelebihan Kurikulum Merdeka dibandingkan Kurikulum 2013 adalah materi yang dipelajari esensial atau cakupan materi tidak luas sehingga siswa bisa fokus.  Kemudian,  pembalajaran Kurikulum Merdeka berbasis proyek artinya lintas materi antar pelajaran atau tidak berdiri sendiri. Ketiga,  lebih fleksibel karena sekolah berhak menentukan kurikulum tambahan ekstrakulikuler,  atau muatan lokal.

Level Kurikulum Merdeka ada tiga,  yakni pertama mandiri belajar.  Kedua,  mandiri berubah dan ketiga mandiri berbagi. Untuk SMA akan melaksanakan Kurikulum Merdeka Level 2, yaitu mandiri berubah berarti memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10. Untuk mandiri berbagi,  sekolah yang bersangkutan membagikan kelebihannya kepada sekolah disekitarnya atau jadi sekolah penggerak, ujarnya.

Saat ini kita sedang digalakkan road show, sosialisasi, Bimtek, workshop, IHT tentang IKM kepada para Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru di seluruh Sumatera Selatan. Sehingga mulai tahun pelajaran 2022/2023 SMA ditargetkan untuk siap melaksanakan IKM. Melalui Kurikulum Merdeka,  pembelajaran lebih bermakna mendukung Sumsel Maju Untuk Semua, pungkasnya (ocha/sp).

Baca Juga :   RSIA Prima Qonita Baturaja, Siap Memberikan Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak