Selalu Peringkat I di Sumsel, Pemerintah Bangun Irigasi Perpompaan Untuk Ternak di OKU

oleh

BATURAJA.Samudra.News-Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH menghadiri acara peresmian bangunan Irigasi perpompaan untuk peternak yang bersumber dari dana APBN Kementerian Pertanian Direktorat Jendral Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Tahun 2021 sekaligus melakukan Restocking (Penebaran Kembali Benih Ikan). Bertempat Desa Baturmarta II Dusun Mekar Jaya Kecamatan Lubuk Raja-OKU. Sabtu (11/09/2021).

Turut hadir diacara tersebut Ketua DPRD OKU Ir. H. Marjito Bachri, Anggota DPRD OKU, Kadin Perikanan dan Peternakan OKU Tri Aprianingsih, Kepala Dinas Pertanian Joni Saihu, MSi dan OPD Lainnya, Plh. Ketua TP. PKK OKU, Muspika Lubuk Raja, Kades, BPD, Kelompok Tani Serta Undangan lainnya.

Kadin Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Tri Aprianingsih menyampaikan kegiatan irigasi perpompaan yang akan diresmikan ini dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Selatan dengan sumber dana dari APBN Kementerian Pertanian melalui Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Tahun 2021.

Ini merupakan Kelompok Tani dan Peternak Sapi pada tahun 2021 ini. Pemerintah Provinsi Sumsel menyediakan kebutuhan air untuk keperluan Peternak Sapi yaitu keperluan minum, mandi dan membersihkan kandang sapi, selain itu irigasi perpompaan ini pemanfaatannya bisa untuk dimanfaatkan oleh keluarga rumah tangga kelompok tani ini.

Dari sisi dan bangunan memiliki prestasi terbaik karena selalu mendapatkan peringkat 1 dalam hal pembangunan irigasi perpompaan diantara Kabupaten lain yang ada di Sumsel, ini dilakukan dan dikelola dengan baik oleh Kelompok Tani di dusun Mekar Jaya Batumarta II.

Sehingga mereka betul-betul membangun dengan sebaik-baiknya karena mereka beranggapan bahwa ini adalah pemberian bantuan dari Pemerintah yang bisa dimanfaatkan oleh warga di Dusun Mekar Jati, ujarnya.

Untuk kegiatan Restocking atau penyebaran kembali benih ikan yang akan dilakukan pada dua Cekdam di Dusun Mekar Jati ini, dengan jumlah 9000 ekor ikan bantuan dari Bank Perkreditan Rakyat Baturaja, Bank Sumsel Babel Cabang Baturaja, PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk.

Baca Juga :   Bupati dan Wabup OKU Selatan Lakukan Kunjungan Kerja ke Pulau Beringin

Ini juga telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten OkU melalui Dinas Perikanan dan Peternakan sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2021 sebanyak 628.200 ekor ikan yang tersebar di seluruh perairan daratan di Kabupaten OKU yaitu seperti sungai mulai dari Ulu Ogan sampai ke Peninjauan kemudian di Cekdam-Cekdam yang ada di Kecamatan di Kabupaten OKU, kata Kadin Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU.

Hasil dari upaya Pemerintah telah terlihat dengan bertambahnya populasi ikan di sungai dan di beberapa pasar yang ada di Kabupaten OKU, ikannya berasal dari sungai yang ada di Kabupaten OKU ini, artinya ikan yang telah ditaburkan di sungai OKU ini oleh Pemerintah telah memberikan manfaat bagi penjual ikan yang ada di OKU dan juga masyarakat tidak memasok ikan dari luar Kabupaten OKU.

 

Restocking adalah untuk meningkatkan populasi dan produksi ikan lokal yang sebelumnya mengalami penurunan akibat penangkapan yang ilegal dan untuk menjaga kelestarian habitat ikan di sungai ogan dan juga dari penangkapan yang ilegal ini telah membentuk kelompok pengawas masyarakat yang ada di seluruh Kecamatan se Kabupaten OKU.

Mareka bekerjasama dengan pihak TNI/Polri serta Pemerintah Kecamatan dan Desa, jadi jika ada penangkapan ikan yang menggunakan Setrum dan Putas ini akan diproses dan hukumannya sesuai Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2009 itu bisa dipidana hukuman penjara selama 5 tahun dan denda 100 juta.

Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH menyampaikan, pembangunan Irigasi Perpompaan yang ada di Dusun Mekar Jaya ini telah selesai dibangun, maka dari itu saya resmikan untuk Kelompok Tani yang ada di Dusun Mekar Jaya.

Bangunan ini bisa digunakan oleh masyarakat yang ada di Batumarta Unit II ini dan juga nantinya Pemerintah akan melakukan penaburan benih ikan yang ada di cekdam Dusun Mekar Jaya, agar bisa menambah populasi dan penghasil ikan untuk Kabupaten OKU.

Baca Juga :   21.936 DUKUNGAN KTP, SYARAT PASLON KEPALA DAERAH OKU JALUR PERSEORANGAN

Mengenai irigasi perpompaan ini tentu sangat bermanfaat untuk kelompok tani dan memang pembangunan ini pembangunan yang utama saat ini mulai dari Pusat, Provinsi dan Kabupaten karena ini merupakan penopang terbesar dalam meningkatkan dan memakmurkan masyarakat.

Dengan adanya penyuluh pertanian dan bantuan yang besar kepada setiap Kabupaten/Kota ini memprioritaskan pembangunan di sektror pertanian pangan dan peternakan agar semuanya bisa menopang ketahanan pangan di Kabupaten OKU ini, ujarnya.

Pemerintah juga mendorong agar terbentuknya kelompok yang ada terutama di sektor pertanian ini dapat dilakukan kerjasama atau pemberdayaan kelompok saling tukar informasi dan ilmu terutama di bidang peternakan sapi, dan saat ini untuk peternakan sapi ada 8554 ekor sapi yang perlu dilakukan pembinaan maupun peningkatan produktivitas.

Sehingga meningkatan produktivitas dari ternak sapi yang ada di OKU terus di bina bersama sama oleh kelompok yang ada, dan juga perlu diingat mengenai Covid-19 yang masih ada di Kabupaten OKU, Pemerintah menghimbau warga untuk tetap selalu mematuhi protokol kesehatan yang ada agar tidak meningkatkan lagi angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten OKU.

Acara dilanjutkan dengan penaburan benih ikan di Cekdam Desa Batumarta II Dusun Mekar Jati oleh Plh. Bupati OKU Edward Candra bersama Kadin perikanan Pertenakan dan pangan Provinsi Sumsel dan Ketua DPRD OKU Ir, H. Marjito Bachri (yudi).