Sekretaris Dinas Pendidikan OKU Tinjau Kompetisi Sains Nasional (KSN)

oleh -79 views
Sekdin Pendidikan OKU Alfarizi tinjau KSN

BATURAJA OKU-Untuk mengembangkan bakat dan minat pelajar SD di bidang Matematika dan IPA, Dinas Pendidikan OKU menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten.

Sebanyak 78 pelajar mengikuti KSN Matematika dan IPA, adu kemampuan dalam ajang tersebut. Mereka berasal dari 13 Kecamatan se-Kabupaten OKU. KSN ini berlangsung di Komplek SKB Baturaja OKU, Kamis (12/3/2020).

Dalam kompetisi ini, para peserta diharuskan untuk mengerjakan soal-soal pelajaran IPA dan Matematika dengan mengikuti materi utama KSN 2020. Keseluruhan materi soal berasal dari Kemendikbud RI sehingga berstandart nasional.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU yang diwakili Sekretaris Dinas Alfarizi, SE.Ak mengatakan, KSN merupakan program dari pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan yang dilaksanakan secara berjenjang, mulai tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional hingga Internasional.

Diharapkan dengan adanya kompetisi ini, para siswa mampu menunjukkan potensi maksimal pada bidang lomba yang diikuti. Serta para siswa mampu mendapatkan hasil terbaik dan bisa mewakili Kabupaten OKU di tingkat Provinsi  Sumsel, Nasional, hingga Internasional, ujarnya.

Foto Sekdin Pendidikan dgn utusan dari Sumsel

Kegiatan ini, lanjutnya, juga untuk memotivasi peserta didik SD untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual. Selain itu dapat memotivasi guru untuk meningkatkan kualitas dan kreatifitas pembelajaran Matematika dan IPA di Sekolah Dasar.

Yang tidak kalah penting, penyelenggaraan KSN ini memfasilitasi bakat, minat dan prestasi peserta didik di bidang Sains. Kompetisi ini juga sebagai tempat untuk mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta.

Sehingga mampu membentuk siswa beprestasi yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, tangguh, cinta tanah air dan mewujudkan bangsa yang unggul. Siswa OKU pernah berprestasi ditingkat Provinsi di tahun 2018 dan 2019 yang lalu, mudah-mudahan tahun 2020 ini kembali mengukir prestasi, pungkasnya (yudi).

Baca Juga :   ASIAN GAMES PALEMBANG, JADI SEJARAH YANG FENOMENAL BAGI SUMSEL