Home / Adv / Sekda OKU : Tingkatkan Pelayanan Publik, Melalui Penanganan Pengaduan

Sekda OKU : Tingkatkan Pelayanan Publik, Melalui Penanganan Pengaduan

Sekda memberi arahan tentang LAPOR SP4N

BATURAJA OKU-Pemkab OKU yang diwakili Sekda Dr. Drs. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH didampingi Kadin Kominfo OKU, H.  Yanius Zulvarino,  SE,  MSi menerima kunjungan Kadin Kominfo Provinsi Sumsel  yang diwakili oleh Kabid Pengelolaan Informasi Publik, Amrullah, SSTP, MSi dan Konsultan Transformasi GIZ  perwakilan Kemenpan RB RI,  Kurniawan Wahid, bertempat di ruang kerja Sekda Pemkab OKU, Rabu (17/07).

Dalam penjelasannya Pejabat Kominfo Provinsi mengatakan, bahwa Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Masyarakat melalui Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Secara Nasional (LAPOR SP4N)  di Kabupaten OKU adalah sebuah aplikasi media sosial yang dibangun dan di kelola Kantor Staf Presiden (KSP)  untuk melibatkan partisipasi publik dan meningkatkan interaksi dua arah antara masyarakat dan Pemkab OKU dalam pengawasan Program-program pembangunan dan Pelayanan Publik.

Sekda mendengar penjelasan dari tamunya

Manfaat dari LAPOR SP4N bagi Pemerintah Daerah  mempermudah proses penyampaian pelayanan informasi bagi Pemerintah Daerah melalui OPD terkait. Sebagai bentuk upaya Kemenpan-RB dalam membantu Pemerintah di Daerah menyelesaikan persoalan pengelolaan pengaduan, serta mendorong para pimpinan daerah agar menghubungkan sistem pengelolaan pengaduan masing-masing dengan sistem LAPOR SP4N yang saat ini dikelola Kemenpan-RB.

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri PANRB Nomor 4 tahun 2016,  seluruh pemerintah daerah diharapkan bisa terhubung dengan aplikasi. Target ini dapat terwujud asal ada komitmen bersama untuk mau membesarkan sistem ini, serta bagimana pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat dapat ditindaklanjuti. Kami dapat membantu serta memonitor apa saja yang menjadi keluhan masyarakat, tuturnya.

Kominfo Prov. Sumsel audiensi dgn Sekda OKU

Ditempat yang sama, Sekda OKU Achmad Tarmizi mengatakan bahwa Pemkab OKU sangat proaktif membangun jaringan publik. Salah satunya adalah aplikasi pengaduan yang berbasis online atau LAPOR SP4N yang sudah dilaksanakan di Kabupaten OKU. Aplikasi ini sangat  mendukung pelayanan publik, mudah-mudahan dengan adanya aplikasi ini, maka pelayanan di  OKU ini akan lebih baik lagi, ujarnya.

Baca Juga :   RS Santo Antonio Baturaja Siap Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik

Dilanjutkanya, peningkatan kualitas pelayanan publik dapat dilakukan melalui penyelesaian pengaduan yang cepat dari penyedia layanan dalam hal ini instansi pemerintah baik di pusat maupun daerah. Segala bentuk kritik maupun aduan yang disampaikan masyarakat pada suatu instansi merupakan sebuah koreksi untuk perbaikan pelayanan itu sendiri kedepannya.

Poto bersama dgn Kominfo Prov Sumsel

Agar kualitas pelayanan publik semakin baik, para penyedia pelayanan harus menangani serta menindaklanjuti segala bentuk aduan dari masyarakat. Menurutnya sebuah tindak lanjut pengaduan merupakan hal yang paling penting, karena disaat masyarakat pesimis terhadap sebuah layanan, maka tugas pemberi layanan untuk menyelesaikan pengaduan tersebut, agar rasa kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan dapat kembali muncul.

Sejumlah langkah telah dilakukan Pemkab OKU untuk memperbaiki sistem pengaduan masyarakat. Langkah tersebut seperti mengubah sistem pengaduan menjadi digital atau yang dikenal dengan LAPOR SP4N, yang lebih memudahkan masyarakat untuk memberi masukan dan kritikan terhadap pelayanan publik. Langkah lainnya dengan membuat peraturan yang mendorong Pemkab OKU untuk terhubung dalam sistem LAPOR SP4N, untuk lebih memudahkan pihaknya dalam memonitoring tindak lanjut aduan masyarakat, pungkasnya (yudi).

Tentang redaktur pelaksana

Previous Bupati OKU Mengapresiasi Kehadiran PT. Pertamina PGE Lumut Balai
Next BPR Baturaja Dukung Program Jum’at Bersih Pemkab OKU

Baca juga

Begini Cara Membongkar WhatsApp Pasangan yang Diduga Selingkuh

SAMUDRA.NEWS-Perselingkuhan bisa terjadi dimana-mana, bukan hanya di tempat kerja dan pertemuan, tapi juga bisa terjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *