Sekda OKU Masuk MURI, 5 Orang Punya Gelar Akademik Terbanyak dan ASN Pangkat Pembina Utama IV/E

oleh -558 Dilihat
Sekda OKU Dr. H. Achmad Tarmizi dan Keluarga

BATURAJA,Samudra.News-Bagi beberapa orang, belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tak heran kalau ada orang yang hobi belajar hingga bisa memiliki deretan gelar akademik di belakang namanya.

Baru baru ini Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memberikan kenaikan pangkat luar biasa kepada Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC) Pemegang Rekor MURI dengan gelar terbanyak yang terdiri dari 11 gelar akademik dan 72 gelar akademik.

Achmad Tarmizi pria kelahiran Palembang, 9 Juni 1966 mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Presiden Republik Indonesia Berdasarkan keputusan Presiden No: 00037/KEP/AA/15001/22. Kenaikan pangkat menjadi Pembina Utama/IV.E.

Dengan kenaikan pangkat yang luar biasa tersebut menjadikan Sekda OKU Achmad Tarmizi mencapai puncak pangkat tertinggi di ASN, dalam jajaran birokrasi Provinsi Sumatera Selatan saat ini hanya Achmad Tarmizi yang berpangkat Pembina Utama/IV.E.

Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC)

Kenaikana pangkat luar biasa ini sebagai Apresiasi dari Pemerintah RI kepada seorang ASN berprestasi luar biasa baiknya. Selama sebagai ASN Achmad Tarmizi mengawali karir sebagai seorang Guru Honorer, Kepala Sekolah, Kepala Dinas Pendidikan, Staf Ahli Bupati, Assisten II, Assisten III, Plt Kepala Inspektorat hingga menjabat Sekda OKU bahkan sempat menjadi Plh. Bupati OKU.

Bisa menempuh pendidikan di bangku kuliah bukanlah perkara mudah. Banyak tenaga, waktu dan biaya yang harus dikerahkan demi bisa menyandang gelar sarjana. Tapi ternyata banyak juga yang ketagihan belajar sampai bisa mengoleksi gelar akademik.

Seperti halnya Sekda OKU Achmad Tarmizi yang punya 11 gelar akademik dan 72 gelar non-akademik sehingga menjadikannya tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Berikut beberapa orang yang memiliki gelar akademik terbanyak di Indonesia:

Baca Juga :   KECANDUAN FILM PORNO, Pemuda 18 Tahun Tega Memperkosa dan Membunuh Sang Guru

1. Achmad Tarmizi, 11 gelar akademik dan 72 gelar non akademik.
H. Achmad Tarmizi saat ini berprofesi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan. Ia adalah pejabat pemerintah yang memiliki gelar terbanyak. Saat ini Achmad Tarmizi menyandang 11 gelar akademik dan 72 gelar non-akademik. Total ia memiliki 83 gelar.

Dengan gelarnya ini, ia dinobatkan sebagai orang dengan gelar terbanyak di Indonesia. Bahkan namanya tercatat dalam MURI sebagai Sekretaris Daerah yang memiliki gelar terbanyak.

Untuk bisa mendapatkan gelar sebanyak ini tentu tidak mudah. Achmad Tarmizi mengikuti seluruh kegiatan belajar karena ia sangat mencintai dunia pendidikan. Prosesnya pun diakui sangat sulit dan ketat.

Gelar lengkap yang diperoleh adalah Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC), CH, CHt, CHA, NNLP Pract, M.NNLP, CT.NNLP, CPHCM, HCBP, HCMP, CNHRP, CNPSP, CT.NPS, CHMP, CT.HM, CHLP, CT.HL, CHSP, CT.HS, CNSPP, CT.NSP, CNBLP, CT.NBL, CNSHP, CT.NSH, CNSCP, CT.NSC, CHPP, CT.HP, CNTP, CNICP, CT.NIC, CRBC, AWP, QWP, CTOT, CHRMP, C.SH, IPU, C. STMNI. Int’l, CPS, CPSP, CLA, C.PW, CSHWP, C.IB, CTAP, RFP, CPR, C.MARCOM, C.HRD, C.NLMOR, C.FH., CMFH, C.MMI., CT.MMI, CT-ALC, C.MGR, CSS.ALC, C.Pst, C.Ext, C.Hs, C.IT, C.AT, C.ME, C.Spk, C.CC, C.LA-ALC, C.LSc, CRBD, CT.NHT, CT.NHR, ASEAN Eng.

Karena terlalu panjang, Achmad Tarmizi biasanya hanya mencantumkan 11 gelarnya saja. Ia pun hafal dan bisa menuliskan namanya lengkap dengan gelarnya.

2. Yenita, 13 gelar akademik.

Perempuan bernama Yenita juga menjadi orang dengan gelar terbanyak di Indonesia. Yenita berhasil meraih 13 gelar akademik yang ia dapatkan dari berbagai kampus ternama di Indonesia.

Baca Juga :   Plh. Bupati OKU: SRGF 2021 Salah Satu Event Wisata Sumsel Tingkat Nasional

Yenita saat ini berprofesi sebagai dosen jurusan Ekonomi di Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanegara (Untar). Dari 13 gelar ini, secara rinci Yenita meraih satu gelar sarjana, 10 gelar master dan dua gelar doktor.

Pada 2019 lalu, Yenita memperoleh rekor sebagai Perempuan dengan Gelar Master Terbanyak. Dari beberapa gelar tersebut, terdapat tiga gelar yang dinyatakan lulus dengan IPK 4 atau sempurna, sembilan gelar memperoleh cumlaude, dan enam kali menjadi lulusan terbaik.

Secara lengkap, gelar yang diperolehnya adalah Dr. Dr. Yenita, S.E., M.M., M.B.A., M.Si., M.T., M.H., M.Pd., M.Ak., M.E., M.I.Kom., M.M.S.I.

3. Welin Kusuma, 32 gelar akademik.

Welin Kusuma juga termasuk orang yang terkenal memiliki gelar akademik terbanyak di Indonesia. Dilansir dari situs resmi UT (27/6) pria yang kini berusia 41 tahun ini tercatat memiliki 32 gelar akademik.

Welin punya hobi unik yakni belajar. Hobi ini yang mengantarkannya menjadi orang dengan gelar terbanyak di Indonesia. Selama menempuh pendidikan, Welin mengaku menggunakan biaya sendiri dan ada beberapa yang dibiayai beasiswa.

Gelar lengkap yang diperolehnya adalah Welin Kusuma, ST, SE, S.Sos., SH., S.Kom., SS., S.AP, S.Stat., S.Akt, S.IKom., S.IP, M.T., M.SM., M.Kn., RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, CPMA, CIBA, CBV, CERA, CSA, ACPA.

4. Franz Astani, 11 gelar akademik.
Orang selanjutnya yang juga hobi belajar dan mengoleksi gelar akademik adalah Franz Astani. Ia memiliki 11 gelar akademik dari berbagai disiplin ilmu. Dari gelar akademik yang dimiliki ini ia juga pernah meraih rekor MURI pada 2005 lalu untuk kategori gelar terpanjang di Indonesia.

Kini Franz Astani berprofesi sebagai Notaris dan PPAT dengan gelar terbanyak. Sebelumnya, Ia juga sempat mencalonkan diri sebagai Rektor dari Universitas Indonesia pada tahun 2012 dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Pancasila. Gelar lengkap yang diperolehnya adalah Dr. Dr. Ir Franz Astani, SH, SpN, M.Kn, SE, MBA, MM, M.Si, CPM.

Baca Juga :   Bupati OKU H Kuryana Azis, Terima Penghargaan ProKlim dari Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan RI

5. Mochamad Achsin, 14 gelar akademik.
Mochamad Achsin adalah seorang dosen Universitas Brawijaya dengan gelar terbanyak. Saat ini ia memiliki 14 gelar akademik yang tentu saja diraihnya dengan perjuangan yang berat.

Achsin berhasil memperoleh delapan gelar akademik dan tiga gelar profesi. Ia merupakan seorang dosen ekonomi di Universitas Brawijaya Malang. Saat ini, Achsin masih aktif di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, Malang.

Adapun gelar lengkap yang diperolehnya adalah Dr. Dr. Mochammad Achsin SE, SH, MM, M.Kn, M. Ec. Dev, M.Si, Ak, CA, CPA. Seluruh gelar tersebut berhasil diperoleh melalui tiga universitas, yaitu Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Muhammadiyah Malang (yudi/int).