Sekda OKU H. Achmad Tarmizi Hadiri Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H

oleh -170 Dilihat

BATURAJA,Samudra.News-Sekda OKU H. Achmad Tarmizi menghadiri acara Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kabupaten OKU. Bertempat Rumah Dinas Bupati OKU. Senin Malam (18/04/2022).

Dari pantauan media acara ini juga dihadiri Asissten III Setda OKU Romson Fitri, SH, MH, Staf Ahli Bupati, Para Kepala OPD, Para Kabag dan Camat, Ketua Baznas OKU, Ketua MUI OKU, Pengurus Ormas Islam OKU, Ketua BKPRMI OKU, Kakan Kemenag OKU, Ketua BKMT OKU serta undangan lainnya.

Acara diawali dengan Sholat Isya berjamah dan dilanjukan dengan sholat Tarawih yang di Imami oleh Ustadz H. In Amullah, LC.

Sekda OKU H. Achmad Tarmizi menghadiri acara Peringatan Nuzulul Qur’an

Sekda OKU H. Achmad Tarmizi menyampaikan, sebagaimana dimaklumi bahwa bagi kita kaum muslimin, Al-Quran adalah Wahyu Allah SWT yang paling sempurna dan disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW untuk dijadikan sebagai petunjuk, penjelasan sekaligus pembeda bagi umat manusia.

Dikatakan sebagai petunjuk, karena fungsi Al-Quran adalah menunjukkan kepada manusia, jalan untuk memahami hakekat hidup menuju ke arah yang benar. Dikatakan sebagai penjelasan, karena kitab itu menjelaskan hampir seluruh aspek kehidupan manusia, alam semesta, alam ghaib dan kehidupan di hari akhirat kelak.

Ceramah Ustadz HM Teguh di acara Nuzulul Qur’an

Kemudian dikatakan sebagai pembeda, karena Al-Quran berisikan kaidah-kaidah akhlak yang membedakan mana perbuatan yang benar dan mana perbuatan yang salah, mana yang baik dan mana yang buruk.

Dalam kaitan inilah, nilai-nilai aqidah dan nilai ukhuwah Islamiyah yang terkandung dalam Al-Quran kiranya dapat menjadi landasan bagi kita Umat Islam dalam menjalani kehidupan sosial kemasyarakatan,

Begitu pula dalam menjalani tugas sehari-hari melalui kapasitas masing-masing. Karena Al-Quran dapat membimbing kita menuju kehidupan yang Baldatun, Toyyibatun, Warabbun Ghofur, masyarakat yang adil, makmur, sejahtera dan penuh ampunan Allah SWT.

Baca Juga :   Kapolda Sumsel Ikuti Vidcon Ops Aman Nusa II Pimpinan Wakapolri

Peringatan Nuzulul Qur’an sepatutnya dijadikan momentum untuk mengingatkan kita semua bahwa kitab suci Al-Quran merupakan satu-satunya pedoman hidup dunia dan akhirat yang sangat mutlak harus kita fahami, dan diamalkan dalam kehidupan di dunia sebagai persiapan bagi kehidupan di akhirat kelak yang kekal.

Peringatan Nuzulul Qur’an yang selalu dilaksanakan sebagai penyempurna ibadah kita di bulan Ramadhan 1443 H ini, kiranya akan semakin meningkatkan energi keislaman dan energi keimanan bagi kemaslahatan hidup kita selaku umat muslim yang rahmatan lil alamin.

Acara dilanjutkan dengan Tausyiah peringatan Nuzulul Qur’an yang disampaikan oleh Ustadz H. M. Teguh, M.Pd (yudi).