SEKDA Buka Secara Resmi Rakor Sensus Penduduk 2020 Kabupaten OKU

oleh -164 Dilihat
Menyanyikan lagu Indonesia Raya

BATURAJA OKUS-Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH membuka Rapat Koordinasi Sensus Penduduk 2020 Kabupaten OKU. Bertempat di Hotel BIL Baturaja, Selasa (18/2/2020).

Dari pantauan media acara tersebut dihadiri Perwakilan Forkopimda OKU, Kepala OPD, Kabag, Seluruh Camat se Kabupaten OKU dan undangan lainnya.

Kegiatan rapat koordinasi ini, merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan salah satu dari tujuh tahap proses pengumpulan data Sensus Penduduk 2020 yaitu koordinasi dan konsolidasi yang di ikuti 150 peserta terdiri dari unsur  forum komunikasi pimpinan daerah OKU dan Jajaran Pemkab OKU.

Foto bersama Sekda dengan Forkopimda OKU

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) OKU Ir. Budiriyanto, MAP mengatakan, setelah selesai pertemuan ini, peserta dapat menyampaikan dan mengajak kepada staf dan rekan-rekan kerja melakukan pengisian Sensus Penduduk Online, baik bersama-sama maupun perorangan.

Sensus Penduduk 2020 dilaksanakan dalam dua periode. Periode pertama adalah Sensus Penduduk Online dimulai tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020. Sedangkan periode kedua Sensus Penduduk Wawancara akan dilaksanakan tanggal 1 sampai 31 Juli 2020.

Mengingat pentingnya data kependudukan hasil Sensus Penduduk 2020 ini nanti, mengharapkan dukungan Bupati OKU selaku Kepala Daerah untuk  mengajak seluruh komponen masyarakat OKU memberikan dukungan atas suksesnya Sensus Penduduk 2020.

Kepala BPS datangi para Camat di Rakor SP 2020

Sementara itu Bupati diwakili  Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH mengatakan, pemerintah telah menerbitkan Perpres No 39 tahun  2019 tentang satu data Indonesia yang bertujuan untuk mengatasi perbedaan data yang terjadi selama ini, termasuk data penduduk.

Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 ini memiliki banyak manfaat bagi setiap orang, seperti  Pemerintah, Dunia Usaha, Peneliti, Akademisi, Ormas, Jurnalistik dan banyak pihak lainnya.

Baca Juga :   Mirza Gumay Terpilih Kembali Ketua PAN, Targetkan 6 Kursi DPRD Serta Bupati OKU

Seperti kita ketahui perencanaan  pembangunan, antara lain bidang pendidikan memerlukan dukungan data penduduk yang akurat, termasuk bidang lainnya.

Bank Sumselbabel turut menghadiri Rakor SP 2020

Lebih lanjut Sekda OKU mengatakan data Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan nanti sampai pada tingkatan administrasi terkecil seperti kelurahan, RW, RT hingga ke desa-desa.

Mengingat pentingnya data kependudukan hasil Sensus Penduduk 2020 ini nanti, untuk itu Sekda mengajak seluruh komponen masyarakat Kabupaten OKU.

Mulai dari  pimpinan instansi vertikal, perguruan tinggi, ormas, komunitas atau perkumpulan yang ada di Kabupaten OKU bersama-sama mengawal dan memberi dukungan demi suksesnya sensus penduduk 2020.

Khusus kepada para Camat,  penyelenggaraan Rakorcam Sensus Penduduk 2020 diharapkan bersama-sama Kepala Desa beserta perangkatnya untuk melakukan pengisian Sensus Penduduk Online ini, pungkasnya (yudi).