Putra Bungsu Sekda OKU Mohammad Riezqy Cahya Atazsu Dilantik Jadi Prajurit Taruna Akmil

oleh -103 Dilihat
Sekda OKU dan Putra bungsunya

SAMUDRA.NEWS-Mohammad Riezqy Cahya Atazsu putra bungsu Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH dilantik menjadi Taruna Akademi Militer (Akmil) oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Lapangan Sapta Marga, Kampus Akmil, Magelang, Kamis (31/10/2019).

Atazsu adalah panggilan kesayangan anak ke-3 dari 3 bersaudara keluarga H. Achmad Tarmizi dan Hj Susmadiana, merupakan perwakilan putra daerah Bumi Sebimbing Sekundang yang lolos mengikuti seleksi calon taruna pada Agustus lalu dan merupakan salah satu alumni SMA Negeri 4 Baturaja OKU.

Setelah mengikuti berbagai tahapan seleksi baik di daerah maupun di pusat, akhirnya Atazsu dinyatakan lolos untuk mengikuti pendidikan Integrasi kemitraan selama 3 bulan bersama dengan rekan-rekannya dari ketiga Matra Akademi TNI dan Akademi Kepolisian. Wisuda kali ini diikuti oleh 596 Orang Taruna Akademi TNI dan 264 Taruna Akademi Kepolisian dengan Total 860 Orang.

Atazsu bersama kedua orang tuanya di Akmil

Menurut Atazsu, selain ingin mengabdi sebagai prajurit TNI AD, yang menjadi motivasi utama menjadi taruna adalah cita-cita dari kecil juga keinginannya untuk memberikan kebanggaan kepada orang tua, saudara dan teman-temannya.

Apa yang Atazsu lakukan, selain ingin mengabdi kepada negara melalui Angkatan Darat, ia sangat ingin membuat bangga kedua orang tua. Apalagi yang bisa masuk Akmil hanya sedikit di Kabupaten OKU. Alhamdulillah, semua ini seperti mimpi yang menjadi nyata bagi Atazsu, tegasnya.

Sementara itu, sang ayah Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, MT, MSi, MH yang saat ini menjabat sebagai Sekda OKU Provinsi Sumatera Selatan, terlihat sangat bahagia sekaligus haru atas capaian dan perjuangan anak bungsunya tersebut.

Atazsu bersama keluarga besarnya

Bahkan istrinya, Hj. Susmadiana, SPd, SMn, MSi. berulang-ulang menyeka matanya yang dipenuhi dengan tetesan air mata haru, karena ia awalnya tidak menyetujui masuk TNI, Ibunya awalnya mengingainkan Atazsu masuk sekolah kedinasan sipil seperti IPDN, AKPOL, STTD, STAN, Kedokteran, namun yang bersangkutan ngotot dan mempertahankan cita-citanya dari kecil.

Baca Juga :   Sekda Gelar Rapat Pembinaan DWP OKU dan Sosialisasi Penyakit Kaki Gajah

Kita semua bangga atas perjuangan yang dicapai Atazsu. Tidak menyangka, ini semua seperti mimpi karena usaha kerasnya sendiri. Alhamdulillah cita-cita putra bungsu kami Mohammad Riezqy Cahya Atazsu terwujud untuk menjadi Taruna Akmil, ujar Achmad Tarmizi yang saat ini berjuang masuk 3 besar ASN Teladan Nasional.

Mohammad Riezqy Cahya Atazsu

H. Achmad Tarmizi dan Hj Susmadiana masih seperti bermimpi. Bisa berdiri di sini dan menghadiri wisuda Atazsu sebagai Prajurit Taruna Akmil, ujar Sekda OKU dengan wajah bahagia bercampur haru.

Perjuangan anaknya untuk bisa masuk AKMIL tidak mudah. Atazsu untuk masuk di sebuah Akademi Militer ia rajin berolah raga fisik dan psikotes setiap hari. Olahraga fisik diantaranya Pull Up, Sit Up, Push Up, Lari, Renang dan lain sebagainya.

Alhamdulillah saat test pertama kali di AKMIL, ia mendapatkan nilai 100 % semuanya, baginya AKMIL merupakan cita-citanya sejak kecil, makanya ia dengan sabar sambil menunggu test AKMIL ia melanjutkan kuliahnya atas saran kedua orang tuanya. Dikarenakan umur Atazsu pada waktu itu belum memenuhi persyaratan, tutur Sekda OKU ini.

H. Achmad Tarmizi dan Putra bungsunya

Diterimanya Atazsu pun menjadi suatu yang luar biasa, kelahiran 17 Oktober 2000 ini menjadi satu-satunya Prajurit Taruna AKMIL dari OKU, Atazsu lolos setelah mengikuti berbagai seleksi, mulai dari seleksi Pantukhir Daerah (Panda) tingkat Sumsel, Panda tingkat Sumbagsel di Kodam II/Sriwijaya, dan Panda di tingkat Pusat di Jawa Tengah, ungkapnya.

Sebelum mengikuti sidang Pantukhir, Atazsu bersama para calon taruna/taruni lainnya mengikuti rangkaian kegiatan test yang telah diselenggarakan dari berbagai tingkat. Test di antaranya meliputi pemeriksaan administrasi, test kesehatan, kesemaptaan jasmani, mental ideologi, psikologi dan tes kesehatan kedua.

Turut hadir dalam kegiatan ini Wakil Presiden RI ke-6, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, Kasal, Kasau, Wakasad, Plt Kapolri, Komjen Pol Ari Dono, Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto, Komandan Jenderal Akademi TNI, Kalemdiklat Polri, para Gubernur Akademi Angkatan dan Gubernur Akademi Kepolisian serta segenap Pejabat TNI, Polri, Aparat Pemerintahan dan Undangan dari Keluarga Pratar Akademi TNI dan Bharadatar Akpol (yudi).