PT. SMBR Serahkan CSR Kepada Kelompok Pembudidayaan Ikan dan Usaha Lain di Lubuk Raja

oleh -125 Dilihat
Penyerahan bantuan CSR PT Semen Baturaja ke Kelompok Tani

BATURAJA,Samudra.News-Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah menghadiri acara penyerahan CSR untuk kelompok pembudidaya Ikan dari PT. Semen Baturaja Tbk, Penyerahan bantuan alat ekstrak Minyak Albumi Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Bertempat Pokdakan Karya Mandiri Jaya Desa Marta Jaya Blok E Kecamatan Lubuk Raja, Selasa (28/11/2023).

Dari pantauan media acara tersebut dihadiri langsung perwakilan dari PT. Semen Baturaja (Persero) Tbk Gili Aprial Braja, Camat Lubuk Raja, Asisten III Setda OKU, Kadisnaker OKU, Kadin Perikanan dan Peternakan, Kades Marta Jaya, Babinsa/Bhabinkamtibmas, Kecamatan Lubuk Raja, Tokoh Masyarakat, Komunitas Pecinta ikan OKU, serta undangan lainnya.

Kegembiraan terpancar di wajah Teddy saat panen ikan lele hasil budidaya kolom bioflok yang dikembangkan oleh Kelompok Karya Mandiri Jaya yang diketuai oleh Agus Sutikno Desa Marta Jaya, Kecamatan Lubuk Raja.

Perwakilan manajemen PT SMBR Gili Aprial Braja serahkan CSR kepada Kelompok Tani

Penjabat Bupati OKU juga didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Ir. Hj. Tri Apria Ningsih mengatakan, kelompok Karya Mandiri Jaya berhasil mendapatkan penghargaan anugerah inovator Provinsi Sumatera Selatan tahun 2022 yang diserahkan Gubernur dengan judul Inovasi Pindang Gabus (Program Intensifikasi Budidaya dan Pengolahan Ikan Gabus.

H. Teddy Meilwansyah Menyampaikan, sejak Tahun 2018 Pemkab OKU bersama-sama kelompok pembudidaya ikan dan juga penyuluh perikanan telah berinovasi untuk mengembangkan budidaya ikan lele dan gabus secara intensif. Progam ini wujud aksi nyata Pemkab OKU dan masyarakat dalam mendukung gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) yang dicanangkan Gubernur Sumsel, ujarnya.

PJ Bupati OKU foto bersama dengan penerima bantuan

Bantuan sarana perikanan terus mengalir ke Pokdakan (Kelompok Pembudidaya Ikan) dan dan Poklahsar (Kelompok Pengelolaan dan Pemasar Ikan) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel).

Bantuan ini datang dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, berupa kolam bioflok sebanyak 6 unit ukuran diameter 4, kemudian bibit ikan lele sebanyak 15.000 ekor, pakan 1.5 ton dan rumah kolam. Kabupaten OKU mendapat bantuan dua unit, yaitu satu unit di Desa Marta Jaya Pokdakan Karya Mandiri Jaya, Lubuk Raja dan 1 unit di Pokdakan Darul Khuldi, Kecamatan Sinar Peninjauan. Selanjutnya mesin pompa air sembilan unit untuk tiga Pokdakan di Kecamatan Lubuk Raja dan Sosoh Buay Rayap serta Peninjauan.

Baca Juga :   Keberhasilan Kejari OKU Selesaikan Masalah di PT. Semen, Pemkab OKU Beri Penghargaan

Dalam kesempatan ini juga, Pj Bupati OKU memberikan bantuan satu unit alat ekstrak minyak Albumin untuk Poklasar Jaya Asri Abadi, Kecamatan Lubuk Raja. Kemudian diberikan juga alat pembuatan abon (kompor gas, tabung dan kuali masing-masing dua unit).

PJ Bupati OKU memanen ikan secara simbolis

Bantuan juga datang dari PT. Semen Baturaja Tbk (SMBR) dana CSR ini bisa dimanfaatkan untuk pembuatan rumah budidaya magot untuk Pokdakan Bening Jaya Mukti, Kecamatan Lubuk Raja. Kemudian untuk pembuatan rumah produksi budi daya cacing sutra untuk Pokdakan Karya Mandiri Jaya. Lalu bantuan untuk pembuatan sumur bor, pintu pengatur air dan sapras budidaya ikan gabus di demplot Budidaya Gabus, Kecamatan Lubuk Raja.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan CSR untuk kelompok pembudidaya Ikan dari PT. Semen Baturaja Tbk dan penyerahan bantuan alat ekstrak Minyak Albumi Kementrian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang di serahkan langsung oleh  PJ. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Ir. Hj. Tri Apria Ningsih kepada Ketua Kelompok Mandiri Jaya Agus Sutikno.

Kemudian dilanjutkan dengan panen hasil budidaya Ikan Lele secara simbolis oleh PJ. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Ir. Hj. Tri Apria Ningsih. (yudi).