PT SEMEN BATURAJA BERPARTISIPASI DALAM PAMERAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA KE-XIV OKU

oleh -41 views
Direksi PT SB dg pejabat Sumsel dan Bupati

BATURAJA OKU-Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) H Kuryana Azis bersama Asisten III Pemprov Sumsel Prof Dr Eduar Juliartha meresmikan Pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-XIV se Sumsel dari 25 s/d 29 Juli 2018, dengan harapan mewujudkan masyarakat berkinerja tinggi dan mandiri. Sebagai tuan rumah, gelaran tahunan ini dilangsungkan di Kabupaten OKU bertempat di Gedung Olahraga Baturaja, Rabu (25/07), dihadiri Ketua DPRD Prov Sumsel H Uzer Effendi, Kadin PMD Prov Sumsel H Yusnin, Bupati OKU H Kuryana Azis, Wakil Bupati Johan Anuar, Pj Bupati Muara Enim Teddy Meilwansyah, Direksi PT Semen Baturaja (Persero) Tbk beserta undangan utusan Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan.

Laporan ketua panitia penyelenggara gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke XIV tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov Sumsel H Yusnin menyampaikan, tujuan diantaranya ; Memperkenalkan jenis teknologi Tepat Guna dan produksinya kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang cukup untuk menetapkan pilihan. Meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara instansi pemerintah, pemda, dunia usaha, perguruan tinggi dalam pengembangan dan penerapan TTG.

Ass III Sumsel mewakili Gubernur

Terbentuknya persamaan persepsi dan kemitraan anatara semua unit terkait dalam mendukung upaya pemberdayaan masyarakat dan menginformasikan kepada masyarakat mengenai hasil-hasil kegiatan, sehingga masyarakat dapat mengenal lebih dekat dan berpartisipasi dalam pelaksanaannya. Tema kali ini “Dengan Teknologi Tepat Guna, kita tingkatkan kreatifitas, inovasi, dan kemandirian masyarakat serta manfaat sumber daya alam dalam mendukung kelanjutan pembangunan menuju OKU yang lebih maju, sejahtera dan berbudaya menuju Sumsel Gemilang Tahun 2018”

Gubernur Sumsel yang diwakili Asisten III Prof Dr Eduar Juliartha menjelaskan, Teknologi Tepat Guna memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat demi wujudkan pemerataan pembangunan. Kita memanfaatkan sumber daya lokal supaya kita bisa produktif, efisien, dan berdaya saing usaha,  katanya yang saat itu mengenakan kemeja batik. Karena itu, pelaksanaan Teknologi Tepat Guna wajib untuk dilaksanakan dan terus dikembangkan dengan harapan bisa terwujudnya Sumsel berkinerja tinggi dan mandiri serta menumbuh kembangkan ekonomi masyarakat. Lakukan penelitian, pengkajian dan uji coba, supaya layak digunakan dan memberi dampak yang positif.

Baca Juga :   Dampak Covid-19, PWI Sumsel Minta Pemda Tidak Refocusing dan Realokasi Anggaran Kerjasama Media
Stand PT Semen Baturaja (Perseo) Tbk

Ditempat yang sama Bupati OKU H Kuryana Azis menyampaikan terima kasihnya atas dipercayanya Kabupaten OKU menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan TTG ke XIV. Salah satu upaya dalam meningkatkan kreativitas dan memotivasi masyarakat Kabupaten OKU agar maju bersama, membuat inovasi dengan membuat teknologi yang tepat guna dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya produk yang ditampilkan stand OKU yakni “Mesin Sanggrai Kopi”, karya murid SMK (STM) Baturaja.

Wabup, Sekda, Anggota DPRD Ngopi Bareng

Ia berharap teknologi yang diciptakan dan diikutsertakan dalam TTG adalah benar-benar teknologi yang bermanfaat bagi kepentingan umum, dan kepada peserta akan lebih baik lagi jika teknologi tersebut memanfaatkan sumber daya atau kekayaan alam dan sektor-sektor unggulan dari masing-masing daerah. Yang lebih penting lagi adalah teknologi tersebut nantinya harus disosialisasikan kepada warga, agar dapat dimanfaatkan sehingga nantinya warga masyarakat memiliki kesempatan untuk mandiri.

Pantauan media, usai membuka secara resmi Gelaran TTG, Bupati OKU bersama undangan lainnya berkesempatan mengunjungi dan berdialog dengan semua stand yang di isi dengan produk unggulan hasil dari teknologi masing masing Kabupaten/Kota se Sumatera Selatan. Saat tiba dan dibertemu bagian humas PT Semen Baturaja (Persero) Tbk Gili Apria Braja menjelaskan, stand PT SB memamerkan berbagai produk unggulannya seperti Produk Semen terbaru, berbagai produk mitra binaan, Inovasi penghijauan sekitar pabrik sebagaimana yang sudah diterapkan di Gunung Kidul Jogjakarta dari tanah tandus menjadi tanah yang subur. (yudi)