Program Desa Cantik di OKUT Disinergiskan Dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan

oleh -137 Dilihat
Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST pukul gong tanda dimulainya desa cantik

MARTAPURA,Samudra.News-Pemkab OKU Timur dan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatra Selatan melakukan pencanangan pelaksanaan Program Desa Cantik dan Nota Kesepahaman untuk pelaksanaan Program Desa dan Kelurahan Cinta bersama BPS.

Kegiatan ini disinergitaskan dengan Program Sumsel Mandiri Pangan. Berlangsung di Balai Rakyat Pemkab OKU Timur. Senin (1/8/2022).

Acara tersebut dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST dan H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, SH didampingi Kepala BPS Provinsi Sumatea Selatan Dr. Ir. Zulkipli, MSi,  Sekda OKUT Jumadi, SSos, Kepala BPS OKU Timur, Kepala OPD, Camat dan Para Kades di Kabupaten OKU Timur.

Sekretaris Daerah Jumadi, SSos memberi laporan atas kegiatan Program Desa Cantik yang dilanjutkan deklarasi pernyataan dukungan Desa Cantik oleh Ketua Forum Kades, mendengarkan pembacaan capaian penghargaan Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur dalam satu tahun masa kepemimpinannya.

Acara tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten OKU Timur dengan BPS OKU Timur.

Kepala BPS Provinsi Sumatra Selatan Dr. Ir. Zulkipli, MSi. menyampaikan, salah satu program yang akan dilaksanakan BPS di tahun 2022 adalah Pembinaan Desa Cantik.

Desa Cantik, Desa Cinta Statistik, pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif. Program ini telah dilaksanakan di tahun 2021 dan akan dilaksanakan kembali di tahun 2022, ujarnya.

Kepala BPS mengatakan, tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Tujuan lain agar standarisasi dalam pengelolaan data statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik dan selanjutnya dilakukan optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran.

Baca Juga :   Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Berharap Pemkot Palembang Terus Menjaga Kearifan Lokal

Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen-agen statistik pada level desa/kelurahan,  dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan serta memiliki potensi wisata atau potensi produk unggulan, jelasnya.

Sementara itu Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST dalam arahannya mengatakan, kegiatan program desa cantik yang akan dilaksanakan pihaknya menyambut baik bahkan memberikan dukungan penuh.

Kepada Kepala Desa di OKU Timur agar memberikan data selengkap-lengkapnya  pada Badan Pusat Statistik sehingga program ini dapat terwujud apa yang di butuhkan BPS OKU Timur, imbuhnya.

Ia menilai, kegiatan ini tidak cukup dari BPS sebagai leading sektor dalam pengembangan statistik saja, namun program ini juga perlu dukungan dari pemerintah daerah hingga pemerintah desa serta masyarakat.

Dengan dukungan dari semua pihak, diharapkan program ini dapat berjalan sukses dan dapat memberikan sumbangsih terhadap pembangunan Indonesia.

Kini saatnya desa  di OKU Timur agar bersolek dengan data dan potensi yang dimiliki sehingga menjadi Desa Cantik nan mempesona. Mari kita Sukseskan Desa Cantik.

Kegiatan dilakukan di akhir acara dilanjutkan dengan penandatanganan deklarasi dukungan bersama semua pihak terkait sehingga pelaksanaan program Desa Cantik yang disinergiskan dengan Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (*).