Polres OKU Tingkatkan Pengamanan Jelang Mudik Lebaran 2023

oleh -257 Dilihat
Kapolres OKU AKBP AKBP Arif Harsono, SIK, MH

BATURAJA,Samudra,News-Kapolres OKU AKBP AKBP Arif Harsono, SIK, MH usai menghadiri  Vicon dan rapat koordinasi lintas sektoral operasi ketupat Musi 2023 dalam rangka kesiapan menghadapi Idul Fitri 1444 H/Tahun 2023 di wilayah Hukum Polda Sumsel.

Kapolres OKU mengatakan bahwa telah menyiapkan infrastruktur dan pengamanan jalur mudik Lebaran tahun 2023 di beberapa titik di wilayahnya. Bertempat di Gedung Multimedia Wicaksana Laghawa Polres OKU, Selasa (11/4/2023).

 

Untuk antisipasi pengamanan jalur mudik 2023 sudah baik, mulai dari perencanaan rekayasa lalu lintas hingga rekayasa pengamanan, kata AKBP Arif Harsono, SIK, MH.

Peserta yang menghadiri Vidcon dengan Kapolda Sumsel

Pihaknya telah menyiapkan sejak beberapa bulan yang lalu terkait tentang pengamanan jelang mudik Lebaran 2023. Karena Lebaran dan mudik lebaran kali ini merupakan yang terbesar karena tidak adanya lagi Covid-19, ujarnya.

Pengecekan sarana dan prasarana sampai perbaikannya, sehingga nantinya siap dalam keadaan baik dan maksimal dalam penggunaannya, kata Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, SIK, MH yang ramah ini.

Mengingat Kabupaten OKU merupakan Kabupaten tempat perlintasan utama jalur pemudik menuju beberapa Kabupaten diantaranya Kabupaten OKU Timur, OKU Selatan Muara Enim dan Kota Prabumulih dan sebaliknya, oleh karena itu kami menyiapkan sejak dini persiapan arus mudik, ujarnya.

Kabag Ops Polres OKU Kompol Liswan Nurhapis

Kapolres OKU mengatakan, sesuai dengan prediksi dari Kementrian Perhubungan bahwa arus mudik pada tahun 2023 akan mengalami lonjakan volume pemudik. Diperkirakan volume jumlah pemudik akan naik dari tahun sebelum nya mengingat pada tahun ini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), sudah tidak ada pembatasan lagi, tetapi harus selalu melakukan protokol kesehatan.

Arif Harsono berharap aparat kepolisian di OKU harus lebih tanggap dan jeli melihat situasi. Sebab, keberadaan anggota di lokasi rawan kemacetan dan penumpukan kendaraan sangat berpengaruh dalam pengamanan arus lalu lintas pemudik nantinya.

Baca Juga :   PJ Bupati Hadiri Rapat Paripurna DPRD OKU Agenda Pembukaan Rapat Penyerahan Dokumen RPPA TA 2022

Ditempat yang sama, Kabag Ops Kompol Liswan Nurhapis mengatakan kesiapan Polri dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2023, menyiapkan sebanyak 7 Pos.

Dalam mengamankan arus mudik dan balik. Yakni sebanyak 3 pos pengamanan, SPBU simpang Batumarta, Kecamatan Pengandonan, dan ditempat tujuan wisata Gua Putri. Kemudian ada Pos Pelayanan ada dua yakni di Citimall dan di Stasiun Kereta Api Baturaja.

Pada tahun ini karena Pintu Tol Indralaya-Prabumulih telah dibuka, pihaknya menyiapkan tim pengurai kemacetan. Kemungkinan akan lebih banyak kendaraan keluar dari arah sana. Khususnya kendaraan dari arah Prabumulih menuju Baturaja, ujarnya.

Kemudian ada 112 orang personel Polri, ditambah sinergi instansi terkait termasuk organisasi kemasyarakatan PP terkait jadi jumlahnya 278 personil, nantinya ada tim pengurai gabungan sekitar 30 orang, pungkasnya. (yudi).