POLISI CILIK OKU JUARA PERTAMA HUT BHAYANGKARA POLDA SUMSEL

oleh -78 views

PALEMBANG-Dalam rangka HUT Bhayangkara yang ke-72, Kepolisian Daerah  Sumatera Selatan menggelar lomba Polisi Cilik (Pocil) yang berlangsung, di Gedung Serba Guna Benteng Kuto Besak Palembang, Kamis (28/06). Aksi-aksi dari Polisi Cilik berhasil menarik perhatian para juri dan juga masyarakat yang menyaksikan disekitar lokasi BKB Musi Palembang. Maklum, Pocil Satlantas Polres OKU tidak diragukan lagi dalam unjuk kemampuannya. Mereka telah menorehkan beberapa prestasi di tingkat Polda Sumsel sebelumnya.

Pada kesempatan perlombaan tersebut, Polisi Cilik Polres OKU sudah biasa menunjukkan kebolehannya, dalam melakukan sosialisasi keselamatan berkendara. Mulai dari baris berbaris dan atraksi-atraksi menarik lainnya. Dalam sisi baris berbaris, berbagai formasi ditunjukan dengan rapi dan serasi. Pocil yang mengikuti perlombaan ini merupakan binaan Sat Lantas Polres OKU, mereka dibawah arahan langsung Kapolres melalui Kasat Lantas Polres OKU AKP Candra Kirana Putra dan anggota Polantas lainnya.

Dirlantas Polda Sumsel, Kasat Lantas Polres OKU

Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari melalui  Kasat Lantas Polres OKU AKP Candra Kirana Putra mengatakan, keberhasilan Polisi Cilik Kabupaten OKU ini tidak terlepas dari peran aktif dan binaan Bupati OKU H Kuryana Azis dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten OKU Paranto SE MM. Setelah berhasil menjadi juara satu tingkat provinsi Sumatera Selatan, saat ini Pocil OKU tengah bersiap-siap berangkat ke Jakarta menjadi Duta Sumsel pada perlombaan Polisi Cilik tingkat Nasional di Jakarta, ujarnya.

Perlombaan Polisi Cilik di Jakarta nantinya dalam rangka memeriahkan HUT Lalu Lintas ke-63 Tahun 2018 sekaligus HUT Bhayangkara ke ke 72 Tahun 2018. Kasat Lantas Polres OKU AKP Candra Kirana Putra lebih jauh menjelaskan, Pocil OKU sudah beberapa kali menjadi juara pada lomba Pocil Sumsel di Palembang. Di antaranya, tahun 2015 Juara I Tingkat Provinsi Sumsel dalam rangka HUT Bhayangkara, tahun 2016 meraih gelar The Best Pocil of The Year, Tahun 2017 Juara I pada HUT Lalu Lintas Polda Sumsel dan Tahun 2018 ini Juara I Pocil pada HUT Bhayangkara Tahun 2018.

Baca Juga :   Destinasi Wisata OKU Bagaikan Gadis Desa Yang Belum Kenal Kosmetik

Menurut Kasat Lantas Polres OKU, waktu perlombaan masyarakat yang menyaksikan perlombaan berkali-kali memberi aplause setiap kali Pocil Polres OKU memperagakan formasi yang dilihat cukup sulit dan memerlukan konsentrasi tinggi. Tidak heran apabila Pocil Polres OKU sudah beberapa kali meraih juara satu tingkat provinsi Sumsel dan telah dinyatakan sebagai Pocil The Best Pocil of The Year tingkat provinsi Sumsel pada tahun 2016 lalu.

Kasat Lantas dan Pengasuh Pocil OKU

Keberhasilan yang membanggakan tersebut tidak lepas dari dukungan serta binaan penuh dari Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari dan perhatian serta asuhan dari Ketua Bhayangkari Cabang OKU, yang selalu mengobarkan semangat anak-anak Pocil Polres OKU. Motivasi dari para pelatih yang tidak diragukan lagi kemampuannya dalam melatih dan mendidik anak-anak Pocil dibawah koordinator pelatih Bripka Benamie Arino (Kanit Dikyasa) dan Tim antara lain Brigadir Ari Andrian, Brigadir Haryo Wiyadi, Brigadir Mekslando, Brigadir Mona, Briptu Rendra, Bripda Andriyan Dwi Putra dan Bripda M Fajri.

Terbukti dengan banyaknya pihak sekolah yang mendaftarkan siswa/i nya untuk menjadi anggota Polisi Cilik Polres OKU dan banyaknya undangan meminta tim untuk melatih secara khusus kesekolah-sekolah. Kehadiran anak-anak Pocil Polres OKU diharapkan dapat menambah kecintaan masyarakat terhadap Polri khususnya Polres OKU, serta dapat memberikan pendidikan untuk tertib berlalu lintas sejak usia dini sesuai dengan motto Polri yang dibawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian “Promoter” (Profesional, Modern dan Terpercaya).Tutupnya (yudi)