POLDA SUMSEL Gelar Donor Darah ”Setetes Darah Anda, Nyawa Bagi Sesama”

oleh -106 views
dokter sedang periksa darah pendonor

PALEMBANG, Samudra.News-Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, MM mengikuti kegiatan donasi darah dalam rangka menjaga ketersediaan stok darah di PMI Kota Palembang. Bertempat di Ruang Catur Prasetya Mapolda Sumsel, Selasa (7/4/2020).

Dari pantauan media acara tersebut dihadiri Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol. Drs. Dody Marsidy, MHum, CFrA, Pejabat Utama Polda Sumsel, Tim Dokter PMI Kota Palembang dr. M. Fachrendi.

Kemudian terlihat Kasubbid Kespol Biddokes Polda Sumsel AKBP Mahyudin, SKM, SH, MH, Karumkit Bhayangkara Palembang AKBP dr. Edi Wahono Prastowo, Sp.PD, FINASIM dan personel Polda Sumsel.

Kapolda Sumsel sedang diperiksa darahnya

Saat pandemi global Covid-19, Polri khususnya Polda Sumsel terpanggil untuk mendonorkan darahnya guna pemenuhan kebutuhan darah di Provinsi Sumsel. Hal tersebut diungkapkan oleh Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol. dr. Syamsul Bahar, M.Kes. saat menyampaikan keterangan pers mewakili Kapolda Sumsel.

Dalam kesempatan tersebut, Kabid Dokkes Polda Sumsel menyampaikan, “Kegiatan aksi kemanusiaan atau kegiatan sosial pelaksanaan donor darah ini atas inisiasi Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Priyo Widyanto, MM.

Mendengar informasi dan membaca berita tentang kekurangan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Selatan khususnya Kota Palembang, dalam 2 (dua) minggu kita kemarin sudah 243 (dua ratus empat puluh tiga) pelaksanaan donor darah dua minggu kemarin, katanya.

Kemudian hari ini direncanakan sampai hari Jumat lebih kurang 300 (tiga ratus), dengan target 300 (tiga ratus) pendonor, jadi aksi sosial ini atas kepedulian pihak kepolisian Polda Sumatera Selatan untuk aksi kemanusiaan.

Sehingga kekurangan stok darah untuk sementara waktu mungkin masih bisa kita isi dengan bantuan pelaksanaan donor darah ini, imbuhnya.

Sebelum melakukan donor darah, petugas melakukan pengecekkan suhu terhadap pendonor dengan menggunakan termometer dan peserta diwajibkan menggunakan masker dan hand sanitizer.

Baca Juga :   Bank Mandiri Taspen Sosialisasi Bagi PNS Jelang Masa Pensiunan Di Pemkab OKU

Selanjutnya melakukan pendaftaran awal, selain itu petugas juga mengecek golongan darah peserta, hemoglobin, mengecek tensi darah peserta dan proses pengambilan darah, pungkasnya (ril/yudi).