Plh. Bupati OKU Hadiri Lomba Desa Tingkat Provinsi di Tanjung Makmur

oleh
Plh. Bupati dan rombingan menuju tempat acara

BATURAJA,Samudra.News-Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH menghadiri Acara Lomba Desa Tingkat Provinsi Tahun 2021. Bertempat di Gedung Serba Guna Desa Tanjung Makmur, Kecamatan Sinar Peninjauan, Kabupaten OKU, Senin (28/06/2021).

Turut hadir diacara ini, Asisten I Slamet Riyadi, MSi, Plh Ketua TP.PKK OKU, Kepala OPD Terkait, Tim Penilai Lomba Desa Provinsi Sumsel, Camat, Danramil, Kapolsek, Kades Se Kec.Sinar Peninjauan, BPD, TP. PKK, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Undangan lainnya.

Ketua Tim Penilai Lomba Desa Kepala Dinas PMD Provinsi Sumsel dalam hal ini diwakili oleh Kabid Bina Pemdes Provinsi Sumsel Drs. Uzirman Irwandi, MM menyampaikan tujuan diselenggarakannya Perlombaan Desa adalah untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan penyelenggaraan Pemerintahan, kewilayahaan dan kemasyarakatan terhadap Desa dengan status Berkembang dan Cepat berkembang yang dilaksanakan secara sinergi oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

Selain itu, tujuan pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan kali ini yakni, pertama, mengevaluasi, menilai dan mendorong Pemerintah Desa dan Kelurahan bersama masyarakat untuk menemukenali dan mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya, ujarnya.

Menyanyikan lagu Indonesia Raya di pembukaan lomba desa

Kedua, mengetahui capaian yang ada di Desa dan Kelurahan selama kurun waktu satu tahun dalam mewujudkan peningkatan kualitas hidup masyarakat di Desa dan Kelurahan pada aspek penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan serta kemasyarakatan.

Terakhir, sebagai wadah apresiasi dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah berupa penghargaan kepada Pemerintah Desa atas prestasi yang telah dicapai dalam memajukan, memandirikan dan mensejahterakan Desa.

Drs. Uzirman Irwandi mengutarakan pelaksanaan Lomba Desa tahun 2021 ini diharapkan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah secara bersama memperhatikan poin-poin penekanan, antara lain inovasi yang dihasilkan dilakukan Pemerintahan Desa khususnya pada dinamika sosiologis akibat bencana non alam yaitu pandemi Covid-19.

Baca Juga :   DAMPAK COVID-19, FKUB OKU Laksanakan Bhakti Sosial
Kabid Bina Pemdes Provinsi Sumsel Drs. Uzirman Irwandi, MM

Selain itu juga, harus tetap memperhatikan Inovasi Desa serta pengembangan e-Government dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di Desa tersebut yang diperlombakan, sehingga amksud dan tujuannya tercapai.

Seleksi berkas Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2021 dilaksanakan pada minggu ke IV bulan Mei 2021 sampai dengan Minggu I bulan Juni 2021. Untuk Verifikasi Lapangan telah dimulai pada tanggal 28 Juni 2021 sampai dengan selesai.

Tim Penilai pada Lomba Desa Tingkat Provinsi Sumsel Tahun 2021 merupakan Perwakilan dari Dinas PMD Prov. Sumsel, Lintas Sektoral dan TP-PKK Provinsi Sumsel. Juara Lomba Desa ditetapkan berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian Lomba Desa dalam berita acara rekapitulasi penilaian tahapan Lomba Desa. Juara 1 Lomba Desa di masing-masing tingkatan Provinsi diikutsertakan pada Lomba Desa pada tingkatan Nasional.

Plh. BUpati OKU, Drs. H. Edward Candra, MH

Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH menyampaikan, Selamat datang kami ucapkan kepada tim penilai Lomba Desa tingkat Provinsi Sumsel tahun 2021 di Kabupaten OKU yang bertempat di Desa Tanjung Makmur Kecamatan Sinar Peninjauan.

Perlombaan Desa dilaksanakan sebagai upaya mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan Desa, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing Desa melalui pembangunan Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia dan sekaligus mengevaluasi perkembangan Desa 2 tahun terakhir yaitu tahun 2019 dan 2020.

Disamping untuk menilai keberhasilan pembangunan di desa, lomba Desa ini untuk memacu dan memotivasi desa untuk mengutamakan tertib administrasi dalam rangka memberikan pelayanan dan pengayoman dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat.

Foto bersama dengan Tim penilai dari Provinsi Sumsel

Meningkatkan aktivitas dan kreativitas perangkat desa dalam membina masyarakatnya sebagai sumber daya manusia yang potensial dalam segala bidang.

Salah satu komitmen yang dilakukan pemerintah sekarang adalah mendorong percepatan pembangunan di desa, karena indikator keberhasilan pembangunan di suatu daerah tertentu dilihat dari keberhasilan pembangunan di desa.

Baca Juga :   Aplikasi LKN Untuk Memantau, Mengetahui & Mempercepat Proses Penanggulangan Karhutla

Kemajuan suatu daerah  (Kabupaten) sangat tergantung dari kemajuan Desa-Desa yang ada pada daerah tersebut tetapi komitmen Pemerintah ini tentunya tidak akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pembangunan tanpa dukungan dari seluruh komponen yang ada di desa.

Dengan pelaksanaan perlombaan Desa ini sangat diharapkan agar semua komponen masyarakat dari semua unsur yang ada di desa dapat membaur dan melibatkan diri guna menunjukkan tingkat kemajuan dan partisipasi masyarakat agar secara utuh dan harapan kita semua agar bagaimana Desa dalam keseharian tercermin pada saat penilaian lomba Desa ini berlangsung, pungkasya (yudi).