Plh. Bupati OKU dan Jajaran Kunker Bidang Komunikasi Publik di Pemkab OKI

oleh -43 Dilihat
Sambutan Plh. Bupati OKU diruang rapat

KAYUAGUNG,Samudra.News-Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH bersama jajaran melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten OKI dan diterima Wakil Bupati OKI H. M. Djafar Shodiq beserta jajaran . Bertempat di Ruang Rapat Bende Seguguk 1 Pemkab OKI. Rabu (2/03/2022).

Acara dihadiri Wabup OKI H. M. Djafar Shodiq, Plh. Bupati OKU, Asisten 3 Setda OKU, Kepala OPD dan Kabag Terkait Pemkab OKU dan Pemkab OKI.

Edward Candra didampingi Asisten 3 Setda OKU, Sekwan, Kadin Kominfo, Kabag Hukum, Kabag Prokopim, Kabag Kerjasama Setda OKU serta Sekdin Kominfo dan Kabid terkait, melakukan konsultasi dan sharing mekanisme kemitraan dengan Media.

Wakil Bupati OKI H. M. Djafar Shodiq menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan kedinasan ini. Wabup OKI menceritakan bahwa Pemkab OKI memiliki program aplikasi yang dinamakan SEKLIK (Sistem Integrasi Kemitraan Komunikasi Publik).

Di era digital dan online ini Pemkab OKI melalui Dinas Kominfo OKI telah melakukan berbagai terobosan inovasi untuk pengembangan informasi berbasis digital, dalam upaya memberikan pelayanan terbaik di bidang komunikasi informasi publikasi.

Wabup OKI serahkan cinderamata ke Plh. Bupati OKU

Berharap dengan adanya kunjungan kerja ini semakin mempererat hubungan kerjasama kedua Kabupaten, ujarnya.

Plh. Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, MH menyatakan pihaknya memilih Kabupaten OKI karena merupakan daerah yang cukup berhasil melakukan komunikasi dan kemitraan strategis dengan media hingga tercipta iklim yang kondusif dan berhasil melakukan terobosan inovasi dalam komunikasi informasi publikasi.

Kabupaten OKI ini memang istimewa terutama dalam bidang pengelolaan sektor komunikasi dan informatika terlebih dalam menjalin kemitraan dengan media massa baik lokal, regional dan nasional sehingga terbangun harmonisasi.

Edward Candra mengatakan Pemkab OKU akan belajar dari OKI terkait penanganan kemitraan dengan media. Kami sengaja datang kesini membawa OPD dan Kabag Terkait untuk melakukan konsultasi dan meniru pola yang dikembangkan di Kabupaten OKI.

Baca Juga :   Plh. Bupati OKU Tabur Bunga di Hari Pahlawan “Pahlawanku Inspirasiku”
Plh. Bupati OKU serahkan cinderamata ke Wabup OKI

Kedatangan rombongan, guna mendapatkan informasi terkait koordinasi dan kemitraan dengan perusahaan media dalam publikasi pemerintahan.

Kami ingin belajar mengenai pemberitaan dan membangun kemitraan dengan media. Mulai dari media massa, media elektronik dan media online. Tinjau tiru ini juga sebagai ajang silaturahmi dan pertukaran informasi.

Edward Candra melihat, dalam sistem koordinasi dengan media, Pemkab OKI dinilai sudah sangat baik. Karena itu pihaknya tertarik terhadap sistem yang sudah diterapkan dalam kerjasama dengan media ini.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten OKI Alexsander Bastomi, SP, MSi menyampaikan, paparan terkait strategi komunikasi publik, proses kemitraan/kerjasama diseminasi informasi melalui media massa,

Foto bersama Pemkab OKU dan Pemkab OKI

Antara lain ketersediaan anggaran, jumlah perusahaan media, output dan outcome dari hasil kerjasama, serta regulasi yang mengatur khusus tentang belanja advetorial dan publikasi media.

Dinas Kominfo Kabupaten OKI telah menerapkan aplikasi yang diberi nama SEKLIK (Sistem Integrasi Kemitraan Komunikasi Publik) yang mengatur tentang mekanisme kemitraan publikasi media massa di lingkungan Pemkab OKI yang berisi persyaratan administratif, performa (bobot nilai/tier), standar harga, penatausahaan dan mekanisme kemitraan.

Pihaknya tengah menata dan membangun pola kemitraan dengan media yang kini tumbuh subur seiring dengan perkembangan teknologi informasi. Perkembangan teknologi digital telah merubah tatanan media yang semakin dinamis sehingga memerlukan penanganan yang tepat dan selaras sehingga menopang program kerja Pemkab OKI.

Acara dilanjutkan dengan melakukan sharing dan diskusi terkait pola kerjasama media yang dikembangkan di Kabupaten OKI, pungkasnya (ril).