Plh. Bupati OKU Bersama Kadin Pertanian Tanam Jagung dan Tebar Bibit Ikan di HUT Bhayangkara

oleh -64 Dilihat
Kadin Pertanian sambut Plh. Bupati dan Kapolres OKU

BATURAJA,Samudra.News-Dalam Rangka HUT Bhayangkara Ke-76 Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah didampingi Kepala Dinas Pertanian Joni Saihu, SP, MSi melakukan  Penanaman Jagung dan Penebaran Benih Ikan Nila.

Kegiatan tersebut atas prakarsa Polres OKU beserta Pemkab OKU guna mendukung Sumsel Mandiri Pangan. Bertempat di Dusun Lekis Desa Banuayu Kecamatan Lubuk Batang. Kabupaten OKU. Rabu (15/06/2022).

Dari pantauan media acara tersebut juga dihadiri Kapolres OKU, Kodim 0403/OKU, Ketua Pengadilan Negeri Baturaja, Asisten 3 Setda OKU, Kesbangpol, Kasat Pol PP, Kadinkes, BPBD, Kadin PUPR, Kadin Perkim,

Kemudian Kadin Ketahan Pangan, Kadin Pertanian, Kadin Peternakan dan Perikanan, Ketua Bhayangkari OKU, PJU Polres OKU, Camat dan Muspika Lubuk Batang, Kades Banuayu, Ketua PMI OKU, Kelompok Tani New Normal serta undangan lainnya.

Kapolres OKU AKBP. Danu Agus Purnomo, SIK menyampaikan, Polres OKU bekerjasama dengan Pemkab OKU dan didukung oleh Kodim 0403/OKU serta Forkopimda OKU dan seluruh instansi di Kabupaten OKU, saat ini tengah melaksanakan penanaman Jabung dan Tebar Bibit Ikan Nila, ujarnya.

Polres OKU sebagai salah satu unsur Forkopimda di Kabupaten OKU akan berupaya secara maksimal mendukung program ketahanan pangan yang dicanangkan Gubernur Sumsel H. Herman Deru.

Kita dalam hal ini kita mewujudkan Sumsel mandiri pangan, dengan dukungan kita semua optimis Kabupaten OKU bisa meningkatkan ketahanan pangan dan kita juga siap untuk mendukung program Sumsel Mandiri Pangan, katanya.

 

Ditempat yang sama, Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menyampaikan, bahwa Pemkab OKU bersama Polres OKU dan Forkopimda OKU serta unsur-unsur yang lain melakukan Penanaman Jagung dan Penebaran Bibit Ikan Nila di daerah Lekis Desa Banuayu.

Kami dari jajaran Pemkab OKU memberikan apresiasi atas gagasan jajaran Polri berkomitmen dalam memperkuat program ketahanan pangan di daerah guna pemulihan pertumbuhan ekonomi setelah bangsa kita mengalami kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga :   Ir. H. Marjito Bachri Sebagai Ketua Banggar Menyetujui dan Sebagai Ketua DPRD OKU Telah Mengesahkan Kenaikan Insentif Ketua RT/RW

Tentunya, kita semua akan mendukumg sepenuhnya dan akan terlibat langsung menggerakkan potensi masyarakat untuk mensukseskan tujuan kegiatan yang digagas oleh Polres OKU dalam rangka HUT Bhayangkara ke-76, ujarnya.

Sebagaimana dimaklumi bahwa diversifikasi pangan adalah program Nasional yang perlu terus kita aktualisasikan melalui berbagai program pokok yang bertujuan mengarahkan masyarakat untuk senantiasa lebih mengutamakan asupan makanan bergizi dan konsumsi makanan yang sehat.

Plh. Bupati dan Kapolres OKU, Kadin Pertanian

Teddy Meilwansyah menyampaikan apresiasi kepada Gubernur Sumsel H. Herman Deru yang telah mencanangkan program Sumsel Mandiri Pangan, yang selalu memotivasi kita semua, baik selaku aparatur penyelenggara pemerintahan maupun semua elemen masyarakat untuk bersama-sama memulihkan semangat nasional dalam mendongkrak penguatan ekonomi hingga tingkat lokal dengan kemandirian pangan.

Teddy Meilwansyah berharap kegiatan penanaman Jagung dan penebaran bibit Ikan Nila yang digerakkan oleh jajaran Polres OKU kiranya mampu menunjang program budidaya pangan yang merupakan bagian dari kebijakan ketahanan pangan di daerah.

Dalam kaitan inilah, saya intruksikan kepada Camat dan OPD terkait agar menjalin kerjasama dengan jajaran Polsek setempat untuk menginisiasi kegiatan semacam ini ataupun gerakan-gerakan lainnya yang terkait dengan pemberdayaan sosial-ekonomi diwilayah masing-masing.

Saya optimis bahwa budidaya Jagung sebagai pangan alternatif akan membuahkan hasil, karena tanaman jenis ini cocok dengan struktur tanah yang ada di Kabupaten OKU, serta dengan budidaya ikan nila dipastikan akan menunjang program budidaya ikan guna mengantisipasi kebutuhan gizi keluarga.

Penaburan bibit ikan Nila disaksikan Plh. Bupati dan Kapolres

Selain itu Teddy Meilwansyah juga menghimbau kepada Kelompok Tani di Kabupaten OKU dan warga masyarakat teruslah belajar, teruslah bersemangat, dan bekerja keras melakukan kegiatan yang produktif untuk mendukung program ketahanan pangan nasional dan program Sumsel mandiri pangan yang dicanangkan Gubernur Sumsel H. Herman Deru sejak beberapa tahun terakhir hingga saat ini.

Baca Juga :   KAPOLRES OKU Pimpin Sertijab Kasatreskrim dan Tiga Kapolsek

Teddy Meilwansyah juga menyampaikan rasa bangga dengan aksi nyata ini, dan kepada warga Dusun V Lekis Desa Banuayu agar terus bersemangat, dan mari kita sukseskan program budidaya tanaman jagung dan budidaya ikan nila ini.

Dilanjutkan dengan penanaman Bibit Jagung dan Penebaran Bibit Ikan Nila secara simbolis oleh Plh. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah bersama Forkopimda diantaranya Kadin Pertanian Ir. Joni Saihu, SP, MSi, Kadin Peternakan dan Perikanan Tri Aprianingsih serta Kadin Ketahanan Pangan Supriono (yudi).