Pjs Bupati OKU M.Zaki Aslam Hadiri Upacara HUT TNI ke-75 Secara Virtual

oleh -201 Dilihat
Pjs Bupati bersama Fokopimda di Makodim 0403/OKU

BATURAJA,Samudra.News-Pjs Bupati OKU Muhammad Zaki Aslam,  SIP, MSi bersama Forkopimda OKU menghadiri Upacara Peringatan HUT Ke-75 TNI Secara Virtual Dari Istana Negara Jakarta. Bertempat di Makodim 0403/OKU, Senin (5/10/2020).

Hadir pada acara tersebut diantaranya Ketua DPRD Ir. H. Marjito Bachri, Dandim 0403/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan, Kapolres OKU AKBP Arif Hidayat Ritonga, Kajari OKU Bayu Pramesti, SH, Ketua PN Baturaja Agus Safuan Amijaya, SH, MH Kakanmenag, Asisten I, Kaban Kesbangpol, Kasatpol PP dan Kabag Prokopim dan Jajaran Kodim 0403/OKU.

Upacara peringatan HUT Ke-75 TNI tahun 2020 berbeda pada tahun-tahun sebelumnya dilakukan secara virtual, dikarenakan masih pandemi Covid-19. HUT Ke-75 TNI tahun 2020 mengangkat tema “Sinergi Untuk Negeri”.

Bertindak sebagai inspektur upacara Presiden Joko Widodo, dihadiri wakil Presiden H. Ma’ruf Amin, Menkopolhukam, Menteri Pertahanan, Panglima TNI, Kepala Staf TNI AD, AL dan AU, dan Kapolri.

Pada kesempatan ini juga diberikan penganugerahan tanda kehormatan. Bintang kehormatan kepada prajurit TNI dari Tiga Angkatan.

Presiden Joko Widodo, atas nama rakyat, bangsa dan negara, Presiden mengucapkan selamat HUT Ke-75 TNI, HUT TNI bukan saja diperingati oleh anggota dan keluarga besar TNI dimanapun berada, tetapi juga oleh segenap rakyat Indonesia.

Perjalanan panjang TNI, sejak perjuangan kemerdekaan hingga kini menunjukkan bahwa TNI adalah penjaga utama kedaulatan negara, menjaga keutuhan wilayah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

Lebih lanjut, Presiden mengatakan Dalam sejarah panjang TNI,  kontribusi TNI untuk bangsa dan negara bukan hanya melalui Operasi Militer Untuk Perang (OMP), tetapi juga melakukan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam, termasuk dalam menghadapi Pandemi Covid-19 sekarang ini.

Baca Juga :   DPRD OKU Gelar Rapat Paripurna Intern IV Penyampaian Draf Tatib dan Pansus

Atas nama rakyat indonesia, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada keluarga  besar, institusi TNI. Kepada para  prajurit sedang bertugas di manapun, juga kepada para purnawirawan yang telah memberikan institusi dan prajurit TNI yang selalu berbakti untuk kemajuan negeri dalam dunia yang selalu berubah. Sebagai Panglima  tertinggi TNI, saya menaruh  harapan besar dan selalu mendukung transformasi penguatan TNI.

Sejak awal reformasi telah banyak transformasi organisasi TNI, antara lain TNI mendukung secara tepat dengan kebutuhan konsolidasi demokrasi. TNI bisa adaptif dengan perkembangan ancaman pasca perang dingin, terutama terhadap ancaman-ancaman non konvensional dan ancaman trans nasional. TNI mampu menghadapi perkembangan teknologi militer, teknologi berbasis teknologi informasi, teknologi nano, dan teknologi automatisasi.

Pada bagian akhir, Presiden dalam lima tahun terakhir, TNI telah melakukan transformasi organisasi secara signifikan dengan mekakukan pembentukan satuan organisasi baru. Telah kita bentuk organisasi tempur baru, seperti Divisi 3 Kostrad, Komando Operasi 3 AU, Armada 3 AL, dan Pasukan Marinir 3.

Transformasi organisasi tersebut harus didukung oleh transformasi teknologi dan para personel, seperti  Revolusi industri 4.0 telah menghasilkan teknologi baru termasuk teknologi militer.

TNI harus memanfaatkan lompatan di bidang teknologi informasi, teknologi nano, teknologi kecerdasan buatan yang dapat mengantisipasi karakter baru pertempuran masa depan yang mempunyai daya hancur lebih besar atau high level destruction. Untuk menguasai lompatan  teknologi militer terkini, harus diubah kebijakan belanja  pertahanan, menjadi kebijakan industri pertahanan (yudi).