PIPA PDAM Mengalami Kerusakan, 3 Hari Air Ke Pelanggan Terganggu

oleh -122 views

BATURAJA,Samudra.News-Akibat pecahnya pipa induk distribusi ukuran 12 inci yang lokasinya tertanam di bawah jalan di Lorong Duku, Bakung Kelurahan Kemalaraja, Baturaja Timur OKU, Jum’at (3/7/2020).

Direktur Utama PDAM H. Abi Kusno, SE melalui Kasi Produksi Masri mengatakan, pecahnya mungkin sudah lama, tapi Jumat (3/7/2020) siang, baru ketahuan. Pipa yang pecah tersebut fungsinya mengalirkan air dari unit Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bakung ke pelanggan.

Ditambahkan, Kepala Unit IPA Bakung, Yasdi, kerusakan fasilitas itu tanpa gejala. Sehingga pihaknya tidak mengetahui jika pipa besar itu, koyak sepanjang satu (1) meter.

Dua hari belakangan, warga di sekitar pipa yang tertanam mendengar suara aliran air sangat deras di bawah jalan. Setelah dilaporkan, siang tadi kami periksa, dan baru ketahuan ada kerusakan, ujarnya.

Kantor PDAM Tirta Raja OKU

Petugas, kata Dia, sempat dibuat kaget saat membongkar permukaan jalan. Karena dari pipa induk di bawah jalan, air muncrat bertekanan tinggi. Air muncrat setinggi dua meter. Bahkan, sempat menggenangi rumah dan jalan  setinggi mata kaki. Tidak lama, genangan air surut, katanya.

Kasi Distribusi PDAM Tirta Raja menambahkan, dampak kerusakan pipa induk tersebut, distribusi air ke pelanggan tertanggu. Perkiraan tiga hari gangguan. Karena ada alat yang harus dibeli, dan ini butuh waktu. Jika stok alat ada, sehari rampung dikerjakan, ujarnya.

Menurutnya, daerah yang mengalami gangguan akibat pecahnya pipa induk, yakni,
Booster STM (sebagian Holindo), Kelurahan Sekar Jaya, Gotong Royong, sebagian Sukajadi, Bakung, Sukaraya, Jalan Lintas Sumatera, Desa Tanjung Kemala, dan Desa Terusan, pungkasnya (tf/yd).

Baca Juga :   SELAIN PASAL PEMBUNUHAN, MULYADIN JUGA DIJERAT PIDANA PENCURIAN DENGAN KEKERASAN