Pimpin Apel Pagi, Sekda Tekankan Pembangunan Harus Disesuai Visi-Misi Pemkab OKU

oleh -36 views
Sekda OKU beri arahan ke dinas PMD

BATURAJA OKU-Sekretaris Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Dr H Achmad Tarmizi memimpin acara apel rutin di halaman Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemerintah Kabupaten setempat serta mengadakan pengarahan dan memberi motivasi pada Dinas Sosial OKU. Dalam kegiatan apel rutin tersebut Sekda memberikan perhatian khusus bagi setiap pembangunan desa, terutama dalam proses pembangunan wilayah pedesaan di Kabupaten OKU, Senin (24/09).

Pada Kesempatan itu pula Sekda secara khusus meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Ahmad Firdaus untuk turut memberikan pendampingan dan supervisi terhadap pelaksanaan APBDes di wilayah Kabupaten OKU. Bahwa ada beberapa item yang harus dipahami, selain harus merupakan representasi dari aspirasi masyarakat namun tetap harus sesuai dengan regulasi yang ada. Karena dalam APBDes atau ADD dan DD itu ada juga hal-hal yang tidak bisa dibiayai.

Poto bersama Sekda dan Pegawai Dinas PMD

Disinilah peran strategis rekan-rekan dari PMD OKU untuk memberikan pendampingan dan supervisi, jelas Sekda. Target yaitu tercepat mengumpul laporan LKPD tingkat nasional, dapat memaksimalkan pelayanan publik, meningkatkan peringkat SAKIP (Sistem akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah) di tingkat Provinsi Sumatera Selatan. Ya, itu tadi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa harus dapat menyesuaikan dengan Visi-Misi Pemkab OKU yakni “Terwujudnya OKU Yang Lebih Maju, Sejahtera  dan Berbudaya”, ujarnya.

Ditekankan untuk seluruh Kepala semua OPD yang ada di Pemkab, khususnya di Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa agar dapat meningkatkan peringkat OKU baik di Provinsi bahkan tingkat nasional. Semua elemen Sumber Daya Manusia yang ada di Dinas PMD semua sama pentingnya, mulai dari petugas cleaning service sampai dengan Kepala Dinas memiliki peranan masing-masing, sehingga kerjanya terlihat kompak dan dapat bekerja sama dalam teamwork, ujarnya.

Baca Juga :   Mobil Istrinya Bergoyang Diparkiran, Akhirnya Masuk Got

Ditambahkannya Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan Instansi terkait lainnya, perlu meningkatkan intensitas dan kualitas pembinaan, pendampingan, dan pengawasan. Mengingat perhatian pemerintah pusat dan daerah terhadap pembangunan di desa semakin tinggi. Buktinya pemerintah pusat selalu menyalurkan anggaran untuk desa. Baik berupa Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD). Setiap tahun anggaran tersebut terus meningkat, kata Sekda Dr H Ahmad Tarmizi.

Sekda memberi arahan dan motivasi

Diharapkan penggunaan Dana Alokasi Desa dan Dana Desa oleh para kepala desa dan jajarannya dapat berjalan dengan baik dan tertib. Sehingga dapat dirasakan manfaatnya untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di perdesaan. Sekda juga mengingatkan pelaksanaan program atau kegiatan di setiap OPD harus terkoordinasi dan bersinergi secara baik. Baik melalui penyamaan persepsi maupun sinkronisasi sehingga tidak berjalan sendiri-sendiri.

Penyusunan dan penyampaian laporan, baik bulanan maupun triwulan agar dilaksanakan secara tepat waktu, akurat, dan berkualitas. Dinas Pemerintahan Masyarakat Desa di bawah komando Ahmad Firdaus, tahun ini mendapatkan peringkat ke-3 tingkat Provinsi  Sumatera Selatan, dalam hal ini tentang “Penyaluran Dana Desa”, mudah-mudahan di tahun yang akan datang Dinas PMD OKU peringkatnya akan lebih baik lagi.

Sekda OKU bersama Dinas Sosial

Setelah mengambil apel pagi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Sekda OKU Dr H Achmad Tarmizi melanjutkan kunjungan ke Dinas Sosial Pemkab OKU, untuk memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh pejabat dan staf di Dinas Sosial guna meningkatkan kinerja dan prestasinya.

Dalam sambutannya Sekda didampingi Kepala Dinas Sosial H Saiful Kamal, menjelaskan, Dinas Sosial boleh berbangga hati, karena baru-bari ini mendapat penghargaan dan penilaian terbaik di Provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan untuk prestasi di tingkat nasional, Dinas Sosial sendiri prestasi yang didapatkan tahun ini yaitu “Peringkat 3 Nasional dalam hal pemberian “Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)”. Semoga prestasi demi prestasi dapat di tingkatkan lagi di kemudian hari. Pungkasnya (yudi)

Baca Juga :   Sekda OKU Achmad Tarmizi Dinyatakan Lulus Program Profesi Insinyur Dari FT UNILA