Pertahankan Zero Penyakit PMK, Pemkab OKU Timur Bentuk Satgas Pencegahan

oleh -58 Dilihat
Wakil Bupati OKU Timur dan instansi terkait pembentukan Satgas PMK

MARTAPURA,Samudra.News-Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, SH menghadiri dan membuka rapat bersama dengan pihak terkait pembentukan Satgas Pengendalian dan Penanganan Pencegahan Penyakit Hewan Mulut dan Kuku (PMK). Bertempat di Bina Praja II Pemkab OKU Timur, Rabu (29/06/2022).

Dari pantauan media acara tersebut juga dibuka Wakil Bupati OKU Timur H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, SH juga dihadiri Kapolres yang diwakili Kasat OPS Polres OKU Timur, Kajari OKU Timur dan OPD terkait dan undangan lainnya.

Plh. Kadiskanak Sutrisno mengatakan, pembentukan satgas untuk hewan di OKU Timur dilakukan demi menjaga kesehatan hewan dan populasi meskipun saat ini pihak Dinas Perikanan dan Peternakan sudah melakukan berbagai hal demi keselamatan hewan.

Setalah rapat ini diharapkan terbentuknya Call Center di tingkat Kabupaten dan Kecamatan untuk update informasi situasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Terbentuknya satgas ini demi meningkatkan pengawasan penjualan hewan dan pemotongan hewan di tempat pemotongan hewan yang dibutuhkan komunikasi informasi dan edukasi secara aktif ke masyarakat.

Alhamdulillah Kabupaten OKU Timur masih zero kasus dan ini akan kita pertahankan dengan cara melakukan pencegahan disegala sektor meskipun selama ini sudah dilakukan oleh para dokter hewan dan petugas di lapangan terutama di Kepala UPTD, jelasnya.

Selanjutnya, pihaknya sudah mengadakan edukasi pembersihan terhadap lantai sapi kemudian ke para peternak,  juga mengadakan penyemprotan dan pemberian vitamin.

Kedepan kami akan melaksanakan vaksinasi penyakit mulut dan kuku sebanyak 2.000 dosis, difokuskan di setiap kecamatan yang merupakan penyangga populasi hewan di Kabupaten OKU Timur, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati OKUT H.M. Adi Nugraha Purna Yudha, SH menyampaikan arahan kegiatan satgas ini penting dilakukan mengingat tidak akan  lama lagi lebaran haji ditambah demi menjaga kesehatan hewan dan populasi nya.

Baca Juga :   DEFRIANSYAH RAIH JUARA DUA MENEMBAK KRESNA EAGLE XTREME

Ini penting minimal memberikan rasa nyaman agar penyakit di hewan ternaknya dibutuhkan semua pihak menjalankan setelah terbentuknya Satgas, pungkasnya (ril).