Pernah Jadi Wong Palembang, Keluarga Akidi Tio Bantu Rp 2 Triliun Untuk Covid-19 di Sumsel

oleh
Gubernur, Kapolda Sumsel dan Danrem 044/Gapo

PALEMBANG,Samudra.News-Kapolda Sumsel  Irjen Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri S, MM menerima bantuan dana sebesar Rp 2 Triliun untuk penanganan Covid-19 di Provinsi Sumatera Selatan dari keluarga (Alm) Akidi Tio. Bertempat di Ruang Rekonfu Mapolda Sumsel, Senin (26/7/2021).

Penyerahan danat bantuan tersebut juga disaksikan oleh Gubernur  Sumsel H. Herman Deru, Dandrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, SIP, SSos, Kadinkes Sumsel Lesty Nurainy Apt, M.Kes dan perwakilan Keluarga Akidi Tio.

Penyerahan dana tersebut diserahkan kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri guna untuk penanggulangan bantuan Covid-19 kepada warga yang terdampak dari PPKM yang saat ini terjadi.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, dana tersebut diberikan oleh salah seorang keluarga yang dia kenal sewaktu masih tugas di Aceh. dan sekarang dia ingin membantu warga Sumsel yang terdampak Covid-19, ujarnya.

Keluarga pengusaha asal Langsa, Kabupaten Aceh Timur, itu, menyumbangkan jumlah yang fantastis tersebut karena Akidi Tio pernah tinggal di Palembang. Semasa hidupnya almarhum Akidi selalu berpesan kepada anak dan cicitnya untuk memberikan kepedulian kepada sesama.

Kapolda dan Gubernur saat akan menerima bantuan dana

Menurutnya ini merupakan amanah yang cukup berat diberikan. Untuk itu Kapolda yang asli wong Palembang ini menegaskan, dana sebesar Rp 2 Triliun tersebut akan dikomunikasikan dengan semua pihak, supaya akan cepat tersalurkan kepada masyarakat dengan cepat dan tepat. Kita akan berikan kepada warga yang berhak menerimanya.

Dilain pihak dokter keluarga Akidi Tio, Hardi Dermawan jadi perantara dalam pemberian bantuan Rp 2 Triliun dari keluarga pengusaha (alm) Akidi Tio untuk penanganan Covid-19 di Sumatera Selatan. Dokter Hardi kemudian bercerita saat diminta menyalurkan dana tersebut.

Hardi adalah dokter keluarga pengusaha Akidi Tio. Hardi menjadi dokter keluarga Akidi turun temurun sejak puluhan tahun lalu, dari Akidi hingga anak, cucu, dan cicitnya. Saya sebetulnya adalah dokter keluarga dari Pak Akidi, sudah 36 tahun. Ya kalau dengan menantu, anak-cicit itu sudah 48 tahun, jelas Hardi kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).

Baca Juga :   LAWAN COVID-19, PRAMUKA Bagikan Masker Gratis Ke Masyarakat OKU
Kapolda Sumsel menerima dana bantuan dari keluarga Akidi Tio

Hardi mengatakan biasanya pihak keluarga menghubungi untuk berobat. Namun kali ini keluarga Akidi menyebut akan memberi kejutan dengan memberikan bantuan Rp 2 Triliun. Biasa mereka berobat, beberapa hari lalu menghubungi. Kasih suprise mau bantu dana pengendalian Covid-19 dan kesehatan di Palembang dan Sumsel, ujar Hardi.

Hardi menyebut latar belakang bantuan diberikan sesuai dengan arti nama Akidi. Sebab, nama Akidi berarti keyakinan yang akan terus menebarkan kebaikan. Maka dia berpesan sama anak, menantu cucu, cicit “kalau kamu berhasil dalam usaha apapun juga. Jangan lupa kamu sisihkan untuk orang miskin, orang dalam kesulitan”, itu pesan beliau, terang Hardi mengingat pesan Akidi Tio.

Hardi menambahkan, keluarga Akidi Tio memang terkenal sebagai keluarga yang dermawan. Keluarga ini sering membantu masyarakat, termasuk sejumlah Panti Jompo yang ada di Palembang, khususnya ketika pendemi melanda.

Sudah banyak bantuan yang diberikan oleh keluarga Akidi Tio dalam penanganan Covid-19. Seperti kepada orang-orang yang melakukan isolasi mandiri, mereka banyak membantu misalnya kirim makanan. Hanya saja memang tidak dipublikasi, pungkasnya (win).