PERENCANAAN BERBASIS ONLINE SIAP DITERAPKAN PEMKAB OKU SELATAN

oleh -44 views

MUARADUA OKUS-Proses penyelenggaraan Pemkab OKU Selatan tidak terlepas dari dukungan penuh masyarakat dalam segala bentuk upaya untuk mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan. Bentuk keterlibatan partisipasi  aktif masyarakat diawali dengan keikutsertaan dalam proses perencanaan pembangunan daerah. Pelaksanaan Musrenbang RKPD OKU Selatan ini merupakan cerminan wujud sistem perencanaan partisipatif dari masyarakat. Perencanaan yang partisifatif diawali dari musrenbang Kelurahan/Desa sampai musrenbang Nasional RKP, demikian diungkapkan oleh Kepala Bappeda OKU Selatan Natalion, pada pembukaan Musrenbang RKPD OKU Selatan, Rabu (28/03) bertempat di Aula Pemkab OKU Selatan.

Menurut Natalion, untuk dapat mewujudkan hal itu semua, dalam pelaksanaan musrenbang kali ini kami harapkan masyarakat bersikap proaktif  dalam memberikan pemikiran, dukungan dan sekaligus pemahaman serta memperoleh kesepakatan bersama dalam upaya implementasi kebijakan dari seluruh peserta dan para pelaku pembangunan untuk bersama-sama mewujudkan sebuah perencanaan partisipatif yang mampu mengadopsi kebutuhan dan mencarikan solusi penyelesaian permasalahan pembangunan secara keseluruhan di wilayah desa/kelurahan dan kecamatan pada khususnya dan Kabupaten OKU Selatan pada umumnya.

Pada kesempatan ini sebagai bahan musyawarah rencana pembangunan RKPD Kabupaten telah disusun daftar usulan kegiatan prioritas di wilayah kecamatan menurut  SKPD penanggungjawab kegiatan yang tersusun dari  hasil Musrenbang Kelurahan/Desa dan diharapkan para pemangku kepentingan untuk melakukan pembahasan dan menyepakati hasil musyawarah perencanaan pembangunan daerah yang dituangkan dengan Berita Acara. Mempertajam indikator kinerja program dan kegiatan prioritas daerah sebagaimana ditetapkan dalam RPJMD Kabupaten OKU Selatan tahun 2016-2021, menyepakati prioritas pembangunan daerah serta program kegiatan prioritas daerah.

Wakil Ketua DPRD OKU Selatan HM Wancik Rasyid dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Musrenbang RKPD ini merupakan suatu proses metamorposis yang dilakukan untuk mencapai suatu kondisi yang ideal, dimana semua kebutuhan masyarakat Bumi Serasan Seandanan dapat dipenuhi,  mulai dari sarana dan prasarana hingga pembentukan dan penataan struktur hingga pemantapan mentalitas sumber daya manusia. Pembangunan juga merupakan suatu proses transformasi dari kondisi aktual kepada kondisi ideal yang diharapkan untuk dipenuhi secara adil dan merata dengan mengedepankan azas kepentingan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Baca Juga :   Pemkab OKU Ramah Tamah Bersama Veteran, Purnawirawan, Warakawuri Angkatan 45, dan Pepabri

Dalam sambutan Bupati OKU Selatan, yang dalam kesempatan ini disampaikan langsung oleh Sekda OKU Selatan H Romzi, bahwa pada tahun 2019 ini Pemkab OKU Selatan telah melaksanakan proses perencanaan berbasis online melalui aplikasi simppeda serta mengikuti berbagai perencanaan yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat seperti Simlaras dalam rangka upaya penjaringan Renja Kementerian/Lembaga serta Aplikasi Krisna sebagai upaya Pemerintah pusat untuk menjaringan Program/Kegiatan Prioritas melalui sumber Dana Alokasi Khusus dan e-Planning Bappeda Provinsi Sumatera Selatan terkait usulan Program/Kegiatan Sumber Dana APBD Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2019, Musrenbang juga merupakan rangkaian proses lanjutan yang dilaksanakan Pemkab OKU Selatan.

Hadir dalam pembukaan musrenbang tersebut Sekda OKU Selatan H Romzi, Wakil Ketua DPRD OKU Selatan HM Wancik Rasyid, Perwakilan Bappeda Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Bappeda Kabupaten OKU Timur, Para Staf Ahli, Para Asisten, Kepala OPD di lingkungan Pemkab OKU Selatan, Para Camat, dan Para Kepala Desa yang berkesempatan hadir. Pada Musrenbang RKPD Kabupaten OKU Selatan Tahun 2019 ini, ada 5 OPD yang menyampikan paparannya yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan,  Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pariwisata, dan Dinas PMPD. (yk)