Pendidikan PAUD Memiliki Peran Strategis Dalam Pemgembangan SDM OKU Timur

oleh
Bunda PAUD  dr. Shela Noberta, S.pA., M.Kes buka Bimtek penguatan kapasitas Bunda PAUD

MARTAPURA,Samudra.News-Bunda PAUD  dr. Shela Noberta, S.pA., M.Kes dan  Ketua Kelompok Kerja (Pokja)  PAUD membuka Bimbingan Teknis Penguatan Kapasitas Bunda PAUD tingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan OKU Timur Tahun 2021. Bertempat di Aula Bina Praja, Rabu (29/9/2021).

Ketua Pokja PAUD Nurinaya melaporkan, Pendidikan PAUD memiliki peran setrategis dalam pemgembangan SDM di Kabupaten OKU Timur, juga menjadi wadah untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak. Bunda Paud di semua tingkatan adalah salah satu yang strategis.

Tumbuh kembang anak usia dini harus diprioritaskan sebagai investasi terbaik dalam siklus kehidupan manusia yang menjadi landasan sekaligus menentukan perkembangan anak selanjutnya.

Inaya mengatakan, oleh karena itu, layanan pendidikan anak usia dini yang menggabungkan proses asah, asih, asuh sebagai upaya untuk mengoptimalkan semua aspek perkembangan anak yang dilakukan secara terpadu agar dapat tumbuh dan berkembang sesuai prinsip holistik.

Sementara itu Bunda PAUD dr. Sheila Noberta, S.pA., Mengatakan di harapkan sebagai Bunda PAUD dapat mengoptimalkan peranan Bunda PAUD sebagai sosok panutan atau figur dan tokoh utama yang bekerja sebagai pendukung yang dapat menunjukkan kepedulian kepada pendidikan anak usia dini.

Bunda PAUD mengatakan sebagai penggerak masyarakat, peranan bunda paud sangat urgent dan sangat dibutuhkan dalam menggerakkan semua pihak melalui kepedulian dan pemberdayaan peran serta masyarakat dalam mendukung satuan PAUD untuk melakukan upaya penguatan pembelajaran yang berkualitas.

Bunda PAUD mengatakan, melalui kegiatan bimtek tersebut, dapat memberikan pengetahuan bagi Bunda PAUD Kecamatan/Desa/Kelurahan bahwa anak usia dini tidak hanya diberikan dalam satu bidang pendidikan saja tetapi juga perlu memberikan pelayanan mencakup kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi, pola pengasuhan dan perlindungan bagi anak usia dini.

Baca Juga :   Plh. Bupati OKU Terima Audiensi Vice President PT. Pegadaian Area Sumsel-Babel

Bunda PAUD dr. Sheila Noberta, S.pA., berharap melalui bimbingan teknis penguatan pokja bunda PAUD tersebut, dapat menjadi sarana untuk mengoptimalkan peranan bunda PAUD dalam mewujudkan layanan PAUD yang berkualitas.

Sheila mengatakan, Dengan cara menggugah kesadaran masyarakat untuk terus mendukung lembaga PAUD. dan sebagai orang tua untuk tetap melakukan pembelajaran dan stimulasi perkembangan anak usia dini, baik melalui kegiatan tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Bunda PAUD sendiri menergetkan kedepan  “Satu Desa, Satu PAUD, saat ini PAUD yang ada Baru 240 PAUD (red).