Pemkab OKU Selatan Raih Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

oleh -41 views
Herman Deru serahkan penghargaan ke Popo Ali

PALEMBANG-Pemkab OKU Selatan mendapatkan Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik yang diberikan oleh Pemprov Sumsel. Penghargaan ini diberikan langsung Gubernur Sumsel, H.Herman Deru kepada Bupati OKU Selatan Popo Ali didampingi Kadisdukcapil Lia Tirtayana, di Griya Agung Palembang, Senin (03/12).

Penghargaan tersebut merupakan hasil seleksi dalam Lomba Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional. Pemkab  OKU Selatan merupakan salah satu Kabupaten yang mengikuti lomba ini. Karya yang berbentuk video dengan judul “Predator ulung petugas perekam data untuk penduduk di pegunungan dan perbukitan” menjadi salah satu karya yang disiapkan untuk mengikuti lomba.

Video tersebut menceritakan perjuangan staf Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam melayani masyarakat yang tinggal di pelosok. Sebutan “Predator Ulung” merupakan simbol kepada staf Disdukcapil yang berjuang menunaikan tugas dalam melayani seluruh masyarakat OKU Selatan. Bukan hanya masyarakat yang ada di kota dan mudah dijangkau namun juga untuk masyarakat yang tinggal di ujung kabupaten. Perjalanan menuju lokasi merupakan tantangan tersendiri bagi “Predator Ulung” ini.

Bupati Popo Ali dan Kadiscapil OKUS

Jalan yang ditempuh belum tersentuh pembangunan sama sekali. Karena letak daerah yang di pelosok, jalan menuju lokasi masih jalan setapak yang sempit dan juga licin. Apalagi jika baru tersiram hujan, jalan akan sangat sulit untuk dilewati. Namun semangat untuk melayani masyarakat tidak menyurutkan langkah mereka. Meski harus menempuh jarak yang jauh dan melewati jalan yang penuh hambatan, sang Predator Ulung tetap melaksanakan tugas dan kewajibannya.

Video tersebut merupakan program yang digagas oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten OKU Selatan. Sedangkan untuk pembuatan video dilakukan oleh team Infokus TV Setda OKU Selatan. Pada kesempatan ini, tampak hadir Deputi Pelayanan Publik Menteri Pemberdayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi, Diah Natalisa. Diah mengatakan jaringan inovasi pelayanan publik ini bertujuan untuk wadah pembelajaran dan berbagi pengalaman tentang inovasi pelayanan publik bagi aparatur sipil negara (ASN).

Baca Juga :   Dua Tahun Berdiri, Kepercayaan Publik Terhadap BPR Baturaja Semakin Meningkat

Ditempat yang sama, Gubernur Sumsel, Herman Deru, dalam sambutannya mengatakan dirinya mengajak seluruh jajaran perangkat daerah untuk terus membenahi dan memperbaiki pelayanan pada masyarakat. Herman Deru juga mengucapkan selamat kepada Kabupaten/Kota yang mendapat penghargaan inovasi pelayanan publik, jangan cepat merasa puas dan terus mengevaluasi untuk kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Teruslah mengevaluasi kinerja untuk kemudahan pelayanan kepada masyarakat, ujar Gubernur.

Bupati OKU Selatan, Popo Ali yang juga hadir pada acara tersebut mengharapkan agar seluruh instansi di Pemkab OKU Selatan untuk terus berinovasi agar masyarakat merasa benar-benar dapat dilayani dengan baik. Ditambahkan Bupati, semua inovasi dipublikasikan ke seluruh media masa, dengan tujuan agar masyarakat tahu apa yang telah dilakukan oleh Pemkab OKU Selatan. Dari 17 Kabupaten/Kota yang ikut seleksi, hanya tiga Kabupaten/Kota yang mendapatkan penghargaan tersebut, salah satunya diraih oleh Pemkab OKU Selatan melalui program yang digagas oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten OKU Selatan. (sr/yk)