PEMKAB OKU RAIH WTP KE TIGA KALI SECARA BERUNTUN DARI BPK

oleh -38 views

BATURAJA OKU-Pemerintah Kabupaten OKU kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun anggaran 2017. Dengan diraihnya WTP tersebut, maka Pemkab OKU  merupakan yang ketiga kalinya diraih secara berturut-turut sejak tahun 2015, 2016 dan 2017. Penyerahan predikat WTP tersebut dilaksanakan di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan Palembang, Senin (28/05).

Kepala BPK RI perwakilan Sumatera Selatan H Maman Abdulrachman dihadapan para Bupati, Walikota, dan Pimpinan DPRD Kabupaten/Kota, Para Kepala BPKAD, serta Inspektorat mengatakan, penilaian Opini  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tersebut diukur dari sesuai standar laporan akuntasi pemerintah kepada kabupaten dan kota sesuai standar pencapaian, ujarnya.

Ditambahkannya, pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah ini merupakan tugas dari Badan Pemeriksa Keuangan. Keberhasilan ini juga merupakan hasil kerjasama yang baik antara tim pemeriksa dari BPK perwakilan Sumsel dan Pemkab/Pemkot se-Sumatera Selatan. Kami akan terus meminta masukan kepada pemerintah daerah demi kepentingan pelaksaan tugas tim BPK, sehingga pemeriksa keuangan akan lebih baik lagi sesuai visi misi BPK yang berkualitas dan bermanfaat.

Ditempat yang sama, predikat bergengsi dalam bidang pengelolaan dan laporan keuangan tersebut diterima langsung oleh Bupati OKU H Kuryana Azis dan Ketua DPRD OKU Zaflin Ipani dari Kepala BPK Sumatera Selatan H Maman Abdulrachman, yang didampingi langsung oleh DR Agus Joko Pramono selaku Pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Dengan diterimanya predikat opini WTP secara berturut-turut selama tiga kali (Hattrick), ini merupakan anugrah dari Allah SWT dan juga tantangan kedepannya.

Pemerintah Kabupaten OKU juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh SKPD yang telah bekerja keras sehingga predikat WTP kembali bisa diraih tahun anggaran 2017. Mudah-mudahan dengan diraihnya WTP ke-tiga tersebut Pemkab OKU bisa mengelola keuangan dengan baik dan meminimalisir penyelewengan keuangan negara yang semestinya digunakan untuk kepentingan pembangunan dan kesejahteraan rakyat.

Baca Juga :   PEMKAB OKUS SERAHKAN 200 UNIT KOMPUTER DAN PERANGKATNYA

Begitupun pada saat Safari Ramadhan 1439 H di Masjid Al-Istiqomah desa Mendingin Kecamatan Ulu Ogan, Rabu (30/05), Sekda OKU DR H Achmad Tarmizi menyampaikan kepada masyarakat dengan diterimanya WTP yang ketiga kalinya ini, Ia berharap predikat serupa dapat kembali diraih tahun yang akan datang sehingga dalam pengelolaan keuangan OKU benar-benar dalam pengelolaan pelaporan keuangan yang baik dan benar. Mempertahankan itu lebih sulit dari meraih.

Dijelaskan Sekda OKU, penilaian BPK didasari beberapa kriteria. Di antaranya, kesuaian dengan Standar Akuntansi Pemerintahan, kepatuhan terhadap perundang-undangan, dan efektivitas Sistem Pengendalian Internal. Diakuinya, untuk meraih penghargaan tersebut tidaklah mudah. Perlu komitmen bersama dan kerja keras dari seluruh jajaran di lingkungan Pemkab OKU. Predikat opini WTP buah dari kerja keras dan komitmen kita bersama dalam pengelolaan keuangan OKU dan tentunya prestasi ini dipersembahkan untuk masyarakat OKU dan instansi yang terlibat di Pemkab OKU.(yudi)