Pelabuhan Samudera Tanjung Carat Akan Dibangun Akhir 2021

oleh -0 views
Ilustrasi pelabuhan samudrera Tanjung Carat

PALEMBANG,Samudra.News-Keinginan Gubernur H. Herman Deru untuk mempercepat terwujudnya pembangunan Pelabuhan Laut Dalam Tanjung Carat di Kabupaten Banyuasin Sumsel mendapatkan respons positif dari Pemerintah Pusat.

Menurut Gubernur, dirinya telah melakukan rapat virtual bersama Menteri Perhubungan RI, Kepala Bappenas dan sejumlah pihak terkait di Command Centre Kantor Gubernur Sumsel, soal kepastian akan dibangunnya Pelabuhan Tanjung Carat di Banyuasin.

Kita sangat menantikan keputusan ini. Harapan masyarakat untuk pembangunan pelabuhan ini akhirnya akan segera terwujud dan akan dilakukan Ground Breaking pada akhir 2021, kata Gubernur Herman Deru, Jum’at (12/2/2021).

Dengan dibangunnya pelabuhan Tanjung Carat, dirinya berharap akan mempercepat distribusi berbagai produksi Sumsel, diantaranya Sawit, Karet dan Batubara. Hal itu jelas akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Sumsel, ujarnya.

Selama ini kita belum memiliki Pelabuhan Samudera. Kita harapkan pelabuhan ini dapat mempercepat distribusi berbagai hasil produksi kita. Dengan begitu, ekonomi Sumsel akan semakin baik. Satu kelebihan Sumsel adalah pasarnya sudah tersedia, katanya.

Selain itu, kehadiran pelabuhan Tanjung Carat akan semakin menarik minat investor untuk berinvestasi di Sumsel. Sumsel tentu akan menjadi tujuan utama para investor untuk berinvestasi di segala bidang, imbuhnya.

Pemanfaatan pelabuhan Tanjung Carat akan terintegrasi. Tak hanya untuk hasil bumi, namun juga untuk hasil laut. Kita akan menjadikan kawasan itu sebagai tempat Pelelangan Ikan terbesar. Termasuk juga imbas pada lalu lintas. Kemacetan bisa ditekan dengan adanya pelabuhan ini, ucapnya.

Diketahui, pada akhir 2021 terdapat dua pelabuhan besar di Indonesia yang akan dibangun secara bersamaan, yakni pelabuhan Tanjung Carat, di Kabupaten Banyuasin Sumsel, dan di Ambon, Maluku.

Pemerintah Pusat menyiapkan anggaran awal USD 69 juta. Untuk Ground Breaking yang dijadwalkan pada akhir 2021, Kementerian Keuangan menyiapkan Anggaran Rp300 Miliar untuk masing-masing provinsi tersebut.

Baca Juga :   Al-Hidayah OKU Gelar Pengajian & Memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharam 1440 H

Saya harapkan ini dapat menjadi semangat baru bagi kita. Saya instruksikan jajaran untuk mempersiapkan semua kebutuhan mulai dari administrasinya hingga aksi dilapangan. Termasuk juga untuk Kabupaten Banyuasin agar mempersiapkan diri. Ini berdampak luas bagi kemajuan seluruh Sumsel, kata mantan Bupati OKU Timur ini.

Sebelumnya dalam rapat tersebut, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Suharso Monoarfa memastikan pembangunan pelabuhan akan dilakukan pada akhir tahun 2021. “Diharapkan ini bisa selesai pada tahun 2023,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menurutnya, pembangunan tersebut guna mendongkrak perekonomian. Saya harapkan ini bisa berjalan sesuai rencana, karena ini dapat menjadi sarana untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi, kata Menhub yang Putra Palembang ini.

Pembangunan pelabuhan Tanjung Carat Sumsel juga mendapatkan dukungan dari Deputi Bidang Koordinasi Investasi dan Pertambangan Septian Harjo Seto (int/win).