Panglima TNI Andika Perkasa Hadiri Puncak Latgabma Super Garuda Shield 2022

oleh -245 Dilihat
Helikopter yang ikut latihan bersama Garuda Sheild 2022

BATURAJA,Samudra.News-Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal TNI Andika Perkasa bersama Panglima Komando Indo Pasifik Admiral Jhon C. Aquilino secara langsung Pelaksanaan Latihan Puncak (Combined Arms Life Fire Exercise / Latihan Tembakan Munisi Tajam Terintegrasi Antar Kecabangan) Super Garuda Shield 2022.

Puncak latihan gabungan bersama tersebut berlangsung sukses dan sesuai harapan. Bertempat di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad Baturaja Kabupaten OKU, Provinsi Sumatera Selatan, Jum’at, (12/08/2022).

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dalam Konferensi Pers dihadapan awak media  menyampaikan, Latihan Puncak CALFEX Super Garuda Shield 16 Tahun 2022 adalah memvalidasi kemampuan Komandan Lapangan untuk merencanakan dan melakukan tembakan langsung yang secara taktis, aman, dan realistis, menerapkan prinsip-prinsip taktik manuver dalam lingkungan pertempuran.

Panglima TNI Andika Perkasa jawab pertanyaan awak media

Calfex dimaksudkan untuk membantu berlatih mengendalikan banyak satuan tempur antar kecabangan dalam formasi, banyak aset untuk mendukung formasi tersebut, untuk menyingkirkannya dalam ruang dan waktu, ujar Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

“Personil yang terlibat dalam Combined Arms Fire Exercise, terdiri dari TNI AD sebanyak : 698 personil, US ARMY sebanyak : 750 personil dan Australia sebanyak : 88 personil. Sedangkan persenjataan dan Alutsista yang digunakan, antara lain Meriam 105 KH 178, Meriam 105 M119, Heli AH – 64 Apache, Beli UH – 60 Blackhawk, Helly Bell 412, ASTROS, HIMARS, MO 60, MO 81,”terang Jenderal Andika Perkasa.

Panglima TNI Andika Perkasa simak pertanyaan awak media

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menambahkan, tidak ada seleksi khusus untuk para personil dari TNI yang mengikuti Latihan Bersama (Latma) Super Garuda Shield 16 tahun 2022.

Latihan bersama yang selalu diadakan setiap tahunnya akan diikuti oleh anggota personil TNI yang berbeda dari tahun sebelumnya, sehingga semua Personil TNI akan mendapatkan kesempatan dan pengalamannya yang sama.

Baca Juga :   Danau Kajang Desa Mandala, Akan Menjadi Destinasi Wisata Andalan OKU

Latihan gabungan bersama Super Garuda Shield 16 tahun 2022 yang tahun ini diikuti oleh 13 Negara sahabat berlangsung dengan baik dan lancar.

Selama berjalannya kegiatan ini, Alutsista maupun SDM Personil TNI yang terlibat tidak perlu untuk dibanding-bandingkan dengan Negara peserta lainnya. Intinya kerjasama dan kebersamaan serta memanfaat fasilitas yang kita miliki, pungkasnya (**).