Home / Nasional / Palembang-Bakauheni, Hanya 5 Jam Lewat Jalan Tol

Palembang-Bakauheni, Hanya 5 Jam Lewat Jalan Tol

Gerbang Tol Palembang

JAKARTA-Pemerintah terus melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatera. Kehadiran jalan tol bertujuan mempercepat mobilitas barang dan jasa antar pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dan membangun keterkaitan antara pusat produksi yakni kawasan industri, pertambangan, perkebunan, dan pariwisata dengan pelabuhan/bandara di Pulau Sumatera sehingga mendorong pengembangan wilayah.

Jalan tol Palembang-Bakauheni Lampung akan mempersingkat waktu tempuh dari sekarang sekitar 8-10 jam menjadi 4-5 jam saja. Kedua kota ini akan menjadi lebih dekat sehingga meningkatkan interaksi ekonomi kedua provinsi ini dan menumbuhkan pusat ekonomi baru. kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry Trisaputra Zuna, beberapa waktu yang lalu.

Kepala BPJT Herry TZ menjelaskan bahwa pembangunan Tol Sumatera dilakukan dengan pendekatan berbeda. Pada pola sebelumnya, pembangunan tol dilakukan pada kawasan yang sudah berkembang karena membutuhkan pengembalian investasi. Namun kehadiran tol di Pulau Sumatera yang memiliki potensi ekonomi yang besar diperlukan untuk mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk Indonesia.

Tol Palembang Indralaya

Sementara itu, Menteri BUMN Rini Soemarno juga memperkirakan dengan adanya jalan tol ini maka waktu tempuh dari Bakauheni hingga Palembang hanya sekitar 5 jam saja. Sementara bila dari Jakarta, atau Pelabuhan Merak ke Palembang bisa sekitar 7 jam. Kalau dari Jakarta itu harapannya mungkin bisa 7 jam, tapi kalau dari Bakauheni paling hanya 5 jam, jelas Rini.

Rini mengatakan, keberadaan jalan Tol Trans Sumatera dapat memberikan dampak positif bagi transportasi dan mobilitas masyarakat di wilayah Pulau Sumatera. Sebab jalan tol ini membuat akses logistik menjadi lebih efisien. Adanya Tol Trans Sumatera ini akan membantu menurunkan biaya logistik sehingga berbagai produk unggulan serta hasil bumi dan sumber daya dapat terdistribusi dengan baik dengan waktu yang cepat disertai biaya terjangkau, ujarnya.

Baca Juga :   ASIAN GAMES PALEMBANG, JADI SEJARAH YANG FENOMENAL BAGI SUMSEL

Pembangunan jalan tol yang menghubungkan Bakauheni hingga Palembang-Betung Sumatera Selatan terus digenjot. Saat ini, progres konstruksi tol sepanjang 460 kilometer (km) itu telah sekitar 75%. Bila tol tersebut sudah tersambung seluruhnya, maka waktu tempuh dari Bakauheni ke Palembang bisa hanya 5 jam dengan kecepatan kendaraan rata-rata 80 km/jam.

Jalan Bakauheni Lampung

Sebelum adanya tol ini, biasanya jalur darat yang digunakan oleh masyarakat hanyalah jalan nasional dengan waktu tempuh Bakauheni-Palembang sekitar 8 jam. Oleh sebab itu, jalan tol ini bisa memangkas waktu hingga 3 jam lebih cepat dari sebelumnya. Jalan tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Palembang diyakini dapat mulai dioperasikan penuh pada akhir tahun 2018.

Direktur Utama PT Hutama Karya, Bintang Perbowo, mengatakan saat ini di sepanjang ruas tersebut tinggal menunggu pemasangan jembatan.  Iya bisa, akhir tahun Insya Allah bisa. Kita cuma nunggu jembatan. Kita kan di situ ada jalur yang melalui sungai, kita tidak bisa lewat kalau tidak ada jembatan, katanya.

Dia menuturkan jika sudah tersambung jalan tol, maka waktu tempuh kendaraan dari Bakauheni ke Palembang dapat ditempuh dengan hanya 5 jam dari sebelumnya 8 jam. Terkait dengan tarif, dia mengatakan itu menjadi kewenangan pihak terkait namun yang jelas tidak bisa lebih dari Rp 1.000/km. Pungkasnya (yk/int)

Tentang redaktur pelaksana

Previous Dies Natalis Ke-19, Unbara Unggul dan Berkarakter Serta Berkontribusi Dalam Kemajuan Bangsa
Next Bripka Hadi Suhendra, Selain Berjiwa Sosial, Setiap Jum’at Selalu Mengisi Khutbah & Menjadi Iman

Baca juga

Kuryana Azis Mengapresiasi Keberhasilan Atlet OKU Meraih Medali di Pepaprov Sumsel

BATURAJA OKU-Bupati OKU Drs H. Kuryana Azis menghadiri sosialisasi multi event Pekan Olahraga Paralimpic Provinsi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *