Operasi Zebra 2018 Dimulai, Polres OKU Apel Gelar Pasukan

oleh -51 views
Kapolres OKU, AKBP Dra NK Widayana Sulandari

BATURAJA OKU-Kepolisian Resort (Polres) Ogan Komering Ulu (OKU) melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Zebra Tahun 2018 di halaman Mapolres OKU Batu Kuning Baturaja Barat. Acara tersebut dipimpin Kapolres OKU AKBP Dra NK Widayana Sulandari. Selasa (30/10).

Gelar pasukan Operasi Zebra-2018 diikuti ratusan personel jajaran Polres, anggota TNI Kodim 0403/OKU, Dinas Perhubungan dan Satpol PP Pemkab OKU, serta dihadiri segenap unsur Forkopimda OKU dan undangan lainnya.

AKBP Dra NK Widayana Sulandari menyampaikan, dalam membacakan sambutan Kakorlantas Polri, Irjen Pol Drs Refdi Andri bahwa, Operasi Zebra-2018 dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran dan merupakan operasi penindakan terhadap setiap bentuk pelanggaran lalu lintas.

Penyematan tanda dimulainya operasi Zebra

Operasi Zebra ini agar dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas guna meminimalisir angka pelanggaran serta menekan tingkat fatalitas kecelakaan berlalu lintas. Apel gelar pasukan Operasi Zebra-2018 dirangkaikan penyematan pita operasi kepada perwakilan dari unsur TNI, Polri, Dishub dan Sat Pol PP serta pemeriksaan pasukan oleh Kapolres OKU.

 Ditambahkan Kapolres, tentunya kami menindak pengendara yang tidak memiliki kelengkapan berkendara seperti STNK, SIM, tidak menggunakan helm dan kelengkapan sepeda motor lainnya. Operasi Zebra berlangsung mulai 30 Oktober hingga 12 November 2018 yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

Pasukan apel operasi zebra 2018

Permasalahan lalu lintas diperlukan koordinasi antar instansi pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara kamseltibcar lantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas, ujar Kapolres OKU.

Kapolres OKU melanjutkan, dalam pelaksanaan Operasi Zebra 2018, ada beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran operasi, diantaranya pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu.

Termasuk juga pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang tidak menggunakan helm, pengemudi mabuk atau menggunakan narkoba, pengemudi berkendara dengan kecepatan lebih,ujarnya.

Baca Juga :   WAKAPOLDA Cek Langsung Pembagian Nasi Kotak Untuk Berbuka Puasa
Pasukan apel operasi zebra 2018

Tujuan operasi zebra 2018, untuk meningkatkan kedisiplin masyarakat dalam berlalu lintas, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap polri, dan terwujudnya situasi kamseltibcar lantas menjelang Natal 2018 dan Tahun Baru 1 Januari 2019.

Operasi yang akan berlangsung mulai hari ini hingga 12 November mendatang diharapkan mampu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab sehingga hasil yang diinginkan dapat tercapai, jelasnya.

Diakhir apel gelar pasukan, Kapolres OKU berharap agar seluruh personel yang terlibat Operasi Zebra 2018 agar melaksanakan tugas dengan profesional dan penuh tanggung jawab, serta tetap menjaga kesehatan dan keselamatan dalam bertugas. Pungkasnya (yudi)