OKU TANPA POLUSI ASAP, OKU SIAP BEKERJA KERAS

oleh -37 views

BATURAJA OKU-Bertempat di halaman Pabrik PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, Kabupaten OKU, dilaksanakan Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten OKU, Kamis (31/05). Apel dilaksanakan dalam rangka menyongsong penyelenggaraan Asian Games 2018 di Palembang pada bulan Agustus mendatang. Bupati OKU H Kuryana Azis bertugas sebagai inspektur apel gabungan Karhutla 2018 didampingi Dandim 0403 /OKU Letkol Arm Agung Widodo dan Kapolres OKU AKBP NK Widayana Sulandari.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Kajari OKU, Kepala Pengadilan OKU, Kepala Pengadilan Agama,  Sekda Pemkab OKU DR H Achmad Tarmizi, Staf Ahli, Para Asisten, Kepala SKPD, diantaranya Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Regu Pemadam Kebakaran (RPK), BPBD OKU, PT Semen Baturaja (Persero) Tbk, PT Perkebunan Minanga Ogan, dan unsur-unsur Satgas Karhutla terkait lainnya.

Dalam arahannya Bupati H Kuryana Azis menyampaikan, apel Satgas Karhutla bertujuan untuk menyatukan langkah kesiap-siagaan dan tindakan antisipasi bencana kebakaran hutan, lahan, dan semak belukar di daerah kabupaten OKU. Insya Allah, dengan apel kesiapsiagaan dan kewaspadaan dini Satgas Karhutla dan didukung dengan seluruh elemen masyarakat, kiranya OKU selalu terhindar dari musibah Karhutla tersebut, ujarnya.

Semua sub satgas baik tingkat Kabupaten hingga tingkat desa telah siap untuk melakukan kegiatan pencegahan dan diikuti oleh penindakan dimana edukasi kepada masyarakat dan pemilik lahan merupakan prioritas utama. Upaya penyampaian informasi deteksi dini telah dan akan selalu dilaksanakan hingga tingkat desa. Dansatgas juga menekankan pentingnya penegakan hukum kepada setiap pihak yang terbukti melakukan pembakaran sebagai efek jera.

Ditambahkan Bupati OKU, kita menekankan pentingnya tindakan yang tepat dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan, terutama pencegahan yang merupakan tindakan pra-bencana. Untuk itu pemerintah, masyarakat dan dunia usaha merupakan faktor kunci dalam pencegahan terjadinya kebakaran. Sebagaimana dimaklumi, dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Asian Games 2018, tentunya sangat memelukan dukung semua lapisan masyarakat untuk ikut memelihara ketentraman dan kebersihan lingkungan dari semua gangguan polusi udara berupa asap.

Baca Juga :   HUT OKU Selatan Ke-15, Banyak Kemajuan dan Prestasi Yang Diperoleh

Berdasarkan maklumat bersama antara Gubernur Sumsel, Kapolda Sumsel dan Pangdam/II Sriwijaya tentang larangan pembakaran Hutan, Lahan, atau Ilalang/semak belukar. Ditegaskannya, bahwa aktivitas Karhutla merupakan tindakan kejahatan karena menimbulkan dampak terhadap kerusakan lingkungan hidup, gangguan kesehatan, gangguan terhadap kegiatan masyarakat Internasional, antara lain Pendidikan, Transportasi dan Perekonomian serta merusak citra bangsa Indonesia di dunia Internasional.

Dansatgas Karhutla OKU Letkol Arm Agung Widodo, dalam wawancara dengan media terkait apel Satgas Karhutla OKU, agar selalu melakukan pengecekan kesiapan peralatan dan berkoordinasi dalam melaksanakan tugas di lapangan. Kepedulian para pemangku kepentingan merupakan faktor penentu dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Kemudian yang sangat penting bagi kita semua adalah berperan aktif memperluas himbauan pemerintah dan berkoordinasi secara pro aktif untuk mengamati setiap potensi bahaya Karhutla tersebut, pencegahan lebih baik daripada kita menindak terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Tekad utama yang harus kita laksanakan adalah “OKU Tanpa Polusi Asap”. Penanggulangan bencana Karhutla merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bersifat preventif dan antisipatif yang harus diselenggarakan secara koordinatif, komprehensif, serentak, cepat, tepat dan akurat. Dengan melibatkan lintas sektoral dan lintas wilayah. Apel ditutup dengan demontrasi pemadaman kebararan dari beberapa dinas terkait, dan inspeksi peralatan, personil dan prasarana peralatan pemadam kebakaran yang digelar oleh SPK, BPBD, PT Semen Baturaja, dan fasilitas pendukung lainnya. (yudi)