OKU Mendapat Bantuan Teknis Penyusunan RDTR Melalui Anggaran BA BUN Tahun 2023 Dari Kementrian ATR/BPN RI.

oleh -190 Dilihat
Penjabat Bupati OKU menyalami Bupati OKU Timur

JAKARTA,Samudra.News-Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) mendapat bantuan teknis Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) melalui Anggaran Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN) tahun 2023 dari Kementrian ATR/BPN RI.

Hal diketahui saat Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menghadiri rapat persiapan kegiatan bantuan teknis penyusunan RDTR melalui ABT BA BUN Tahun 2023 dan penandatangan Fakta Integritas  di The Tribrata Darmawangsa, Jakarta pada Senin (27/3/2023).

Penjabat BUpati OKU menyanyikan lagu Indonesia Raya

Rapat yang dipimpin oleh Direktur Jendral dan Tata Ruang Ir Gabriel Triwibawa M.Eng.Sc dihadiri oleh 115 Bupati/Walikota ABT Penyusunan RDTR se- Indonesia, yang menghadirkan narasumber dari KPK, KSB dan Mendagri.

Direktur Jendral dan Tata Ruang Ir Gabriel Triwibawa M.Eng.Sc dalam sambutannya dihadapan seluruh kepala daerah yang hadir meminta kepada seluruh kepala Daerah tingkat provinsi dan kabupaten Kota untuk segera membentuk RDTR yang terintegrasi dengan online single submission (OSS).

Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas pada 11 Januari yang lalu. “Latar belakang pertemuan ini adalah untuk menindak lanjuti arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan dalam rapat terbatas pada 11 januari 2023 lalu dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi sangat diperlukan adanya investasi,” katanya.

Penandatangannan dokumen dari Kementrian ATR/BPN RI

Dikatakan Gabriel, dalam rangka memperlancar investasi itu diperlukan perizinan yang cepat, proses perizinan memerlukan penyesuaian RDTR. Sebagaimana mandat OJK. “Kita telah memiliki perpu yang telah disahkan DPR dan OJK,” katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah mengatakan, Kabupaten OKU menjadi salah satu Kabupaten/Kota yang menerima bantuan teknis penyusunan RDTR. “Alhamdulillah OKU diundang oleh Kementerian ATR/BPN RI untuk mendapatkan Dana berupa Bantuan Teknis Penyusunan RDTR melalui Anggaran Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN) Tahun 2023 dari Kementerian ATR/BPN RI,” kata Teddy.

Baca Juga :   H. Asri Agustom, SH, MSi Dilantik Bersama 25 Anggota DPRD PALI Periode 2019-2024
Kepala Dinas PUPR turut mendampingi Penjabat Bupati OKU

Dikatakan Teddy kementrian ATR/BPN RI memberikan stimulan kepada Kab. OKU untuk segera menyelesaikan penyusunan perencanaan tata ruang yakni RDTR di Kabupaten OKU. “Hal ini menjadi penyemangat kami dalam upaya percepatan penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detil Tata Ruang (RDTR) Tahun 2023,” ujarnya

Memurut Teddy, jika penyusunan RDTR telah dilaksanakan akan mempermudah dan meningkatkan iklim investasi di Kab. OKU serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi investor dengan kemudahan Persetujuan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (PKKPR) atau Dasar Perizinan Berusaha Berbasis Resiko di Kabupaten OKU.

Turut mendampingi Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah SSTP MM MPd Kepala Dinas PU PR Ir. Chandra Dewana, ST, MM dan Kabag Prokopim Setda OKU Febriandi.(red).